Siapa Yang Layak Dipakai Tuhan?

 



Selasa, 12 Maret 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Hakim-hakim 7-9


Hakim-hakim 7:7 (TB)  Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Gideon: "Dengan ketiga ratus orang yang menghirup itu akan Kuselamatkan kamu: Aku akan menyerahkan orang Midian ke dalam tanganmu; tetapi yang lain dari rakyat itu semuanya boleh pergi, masing-masing ke tempat kediamannya." 


Begitu banyak orang Israel yang bersama Gideon bermaksud memerangi orang Midian. Tetapi dalam pemandangan Tuhan jumlah mereka terlalu banyak, jangan-jangan mereka memegahkan diri karena banyaknya orang yang ikut berperang. Sebab itu Tuhan melakukan seleksi di antara mereka.


Siapakah yang layak dipakai Tuhan dalam peperangan?


1. Mereka yang tidak takut dan gentar.


Dua puluh dua ribu orang yang takut dan gentar pulang ke rumahnya.


Hakim-hakim 7:3 (TB)  Maka sekarang, serukanlah kepada rakyat itu, demikian: Siapa yang takut dan gentar, biarlah ia pulang, enyah dari pegunungan Gilead." Lalu pulanglah dua puluh dua ribu orang dari rakyat itu dan tinggallah sepuluh ribu orang.  


2. Mereka yang berjaga-jaga dan memiliki penguasaan diri.


Hakim-Hakim 7:5 (FAYH)  Gideon membawa mereka ke mata air. Di situ TUHAN berkata kepadanya, "Kumpulkan dalam satu rombongan semua orang yang mencedok air dengan tangannya dan menghirup air itu seperti anjing sedang menjilat. Lalu kumpulkan dalam satu rombongan lain semua orang yang berlutut dan minum air itu langsung dengan mulutnya. " Hanya tiga ratus orang yang minum dari tangannya; selebihnya minum langsung dengan mulutnya.


Hanya tiga ratus orang yang mencedok air dengan tangannya dan menjilatnya seperti anjing menjilat yang layak dipakai Tuhan. Ini menandakan mereka tetap berjaga-jaga, sekalipun mereka kehausan. Sementara mereka minum, mereka tetap waspada terhadap musuh dan keadaan sekeliling.


Sementara jumlah mereka yang berlutut dan langsung minum air dengan mulutnya adalah sembilan ribu tujuh ratus orang. Mereka adalah orang-orang yang tidak dapat menguasai diri ketika menerima berkat ataupun ketika berada dalam masalah.


a. Berjaga-jaga menggambarkan mereka yang berdoa dan mengandalkan Tuhan.


Markus 14:38 (TB)  Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah.


1 Petrus 1:13 (TB)  Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus.


b. Menguasai diri menggambarkan mereka yang memiliki karakter Kristus.


1 Korintus 9:25 (TB)  Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi. 


1 Korintus 9:27 (TB)  Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.


Kesimpulan renungan pagi ini:

orang yang layak dipakai Tuhan adalah mereka yang tidak takut dan gentar, tetapi juga orang yang berdoa dan mengandalkan Tuhan serta memiliki karakter Kristus. Jadilah orang percaya yang layak dipakai oleh Tuhan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages