Dipelihara Tuhan Dalam Segala Keadaan

 


Sabtu, 30 Maret 2024


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Samuel 7-9


2 Samuel 9:13 (TB)  Demikianlah Mefiboset diam di Yerusalem, sebab ia tetap makan sehidangan dengan raja. Adapun kedua kakinya timpang.


Mefiboset adalah anak Yonatan, cucu dari raja Saul. Ketika Daud menjadi raja, sebenarnya masa depan Mefiboset sudah hancur. Ia bukan lagi anak raja bahkan kakinya timpang sehingga tidak dapat bekerja. Tetapi Daud menjamin untuk tetap memelihara Mefiboset oleh sebab perjanjian yang telah ia buat dengan Yonatan.


2 Samuel 9:7 (TB)  Kemudian berkatalah Daud kepadanya: "Janganlah takut, sebab aku pasti akan menunjukkan kasihku kepadamu oleh karena Yonatan, ayahmu; aku akan mengembalikan kepadamu segala ladang Saul, nenekmu, dan engkau akan tetap makan sehidangan dengan aku." 


Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari kisah Mefiboset?


1. Tuhan memelihara hidup kita karena perjanjian yang telah Ia buat.


Galatia 3:14 (TB)  Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.


Galatia 3:29 (TB)  Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah. 


Tuhan telah membuat perjanjian dengan Abraham dan sebagai milik Kristus kita menerima janji Tuhan kepada Abraham.


Kejadian 12:2-3 (TB)  Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.

Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.


2. Tuhan memelihara hidup kita dalam segala keadaan.


Kondisi kaki timpang yang dialami Mefiboset menunjukkan keterbatasan dalam bekerja dan beraktifitas. Demikian pula keadaan kita ada yang dengan keadaan terbatas. Tetapi kita bisa mempercayai janji Tuhan bahwa Ia tetap memelihara hidup kita dengan cara-Nya. Seperti Daud memerintahkan Ziba dan keluarganya untuk melayani Mefiboset demikianlah Tuhan bisa memakai orang lain untuk memberkati hidup kita.


Apapun keadaan yang sedang kita alami, jangan putus asa. Tetap percaya janji Tuhan bahwa Ia tetap memelihara kita seperti anak raja. Dan bukankah kita sudah diangkat menjadi anak Raja segala raja yaitu Yesus Kristus Tuhan. Jadi Tuhan menjamin kehidupan kita tetap dipelihara dalam segala keadaan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages