Jangan Mengandalkan Manusia

 



Minggu, 25 Pebruari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 16-18


Ulangan 17:16 (TB)  Hanya, janganlah ia memelihara banyak kuda dan janganlah ia mengembalikan bangsa ini ke Mesir untuk mendapat banyak kuda, sebab TUHAN telah berfirman kepadamu: Janganlah sekali-kali kamu kembali melalui jalan ini lagi.  


Bangsa Israel diperingatkan Musa agar jangan memelihara banyak kuda dan jangan kembali ke Mesir. Maksudnya jangan mengandalkan kekuatan diri sendiri dan tidak mencari Tuhan.


Yesaya 31:1 (TB)  Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN. 


Sesungguhnya kemenangan di tangan Tuhan, bukan ditentukan oleh manusia.


Amsal 21:31 (TB)  Kuda diperlengkapi untuk hari peperangan, tetapi kemenangan ada di tangan TUHAN. 


Sebab itu marilah kita mengandalkan Tuhan dan jangan mengandalkan manusia. Mengandalkan manusia akan menerima kutuk, sebaliknya mengandalkan Tuhan akan diberkati.


Yeremia 17:5 (TB)  Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! 


Yeremia 17:7-8 (TB)  Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! 

Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah. 


Jangan mengandalkan manusia, kekuatan, kekayaan, kepandaian dan kemampuannya. Tetapi marilah mengandalkan Tuhan supaya hidup kita berkenan dan diberkati Tuhan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages