Bertekun Mengasihi Tuhan

 



Sabtu, 9 Maret 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 22-24


Yosua 23:11 (TB)  Maka demi nyawamu, bertekunlah mengasihi TUHAN, Allahmu. 


Menjelang akhir hidupnya Yosua memberikan pesan-pesan terakhirnya kepada bangsa Israel. Inti pesannya agar mereka tetap bertekun mengasihi Tuhan,  setia beribadah dan melakukan segala perintah-Nya.


Kita akan membahas Yosua 23:11.


1. Mengasihi Tuhan adalah perkara hidup dan mati.


Kalimat "demi nyawamu" menandakan bahwa orang yang mengasihi Tuhan akan hidup, sebaliknya orang yang tidak mengasihi Tuhan akan mengalami kematian kekal.


Mengasihi Tuhan adalah perintah Tuhan yang utama bagi kita.


Matius 22:37-38 (TB)  Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 

Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.


Mencari Tuhan adalah perkara hidup dan mati.


Amos 5:4 (TB)  Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup! 


Jangan meremehkan perkara mencari Tuhan, sebab menentukan hidup dan mati kita. Selagi ada waktu marilah kita mencari Tuhan dan mengasihi-Nya. Jangan sampai kita menyesal karena melalaikan Tuhan dalam hidup kita.


2. Bertekun mengasihi Tuhan.


Kata bertekun berarti setia mengasihi Tuhan sampai akhir kehidupan kita. Sepanjang perjalanan kehidupan, akan banyak cobaan, godaan, halangan dan rintangan dalam mengasihi Tuhan. Bisa datang dari keinginan daging kita, dari orang lain dan dari Iblis yang tidak menghendaki diri kita setia dan mengasihi Tuhan.


Sebab itu bertekunlah dan jangan menyerah untuk mengasihi Tuhan dalam segala keadaan. Keadaan baik ataupun tidak baik, keadaan sehat ataupun sakit, keadaan diberkati ataupun tidak diberkati, sekalipun jangan meninggalkan Tuhan. Kita akan menerima upah atas jerih lelah kita dalam mengasihi Tuhan selama hidup di dunia.


Pada hari-hari terakhir banyak orang murtad dan meninggalkan Tuhan.


2 Timotius 3:1-5 (TB)  Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. 

Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, 

tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik,

suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.

Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!


Dunia di sekitar kita banyak orang yang menunjukkan keadaannya seperti ayat tersebut. Tetapi marilah kita tetap bertekun mengasihi Tuhan sampai akhir hidup kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages