Menghormati Orang Tua

 



Rabu, 28 Pebruari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 25-27


Ulangan 27:16 (TB)  Terkutuklah orang yang memandang rendah ibu dan bapanya. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin! 


Menghormati orang tua adalah kewajiban bagi setiap umat Tuhan. Tentang hal ini Tuhan telah perintahkan dalam hukum Taurat.


Ulangan 5:16 (TB)  Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. 


Pelajaran yang kita ambil hari ini adalah:


1. Sikap yang tidak menghormati orang tua akan mengalami kutuk (hukuman, sakit penyakit dan musibah). Dalam Ulangan 5:16, orang yang tidak menghormati orang tua berakibat tidak berumur panjang dan baik keadaannya.


2. Marilah kita menghormati orang tua: ayah dan ibu kita.


a. Sikap kita dalam menghormati orang tua akan menjadi teladan dan menurunkan berkat kepada anak cucu. Tetapi sikap yang tidak menghormati orang tua akan dicontoh oleh anak-anak dan menurunkan kutuk dalam garis keturunannya. Bagi yang mengalami hubungan yang tidak baik dengan orang tua, segeralah minta maaf memulihkan hubungan. Maka doa restu orang tua akan mengalir dalam hidup Anda.


b. Ajarlah anak-anak menghormati orang tua.

Tanpa orang tua, anak-anak tidak akan pernah lahir ke dalam dunia. Didiklah anak-anak sedini mungkin dalam menghormati orang tua. Apabila ada sikap mereka yang melawan, memberontak dan tidak menghargai orang tua, segeralah ditegur agar jangan sampai terlanjur sehingga semakin sulit diluruskan.


Kita tentu tidak ingin mengalami kutuk, salah satunya dengan cara menghormati orang tua. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages