Jangan Mencobai Diri Sendiri

 



Jumat, 15 Maret 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Hakim-hakim 16-18


Hakim-hakim 16:19 (TB)  Sesudah itu dibujuknya Simson tidur di pangkuannya, lalu dipanggilnya seorang dan disuruhnya mencukur ketujuh rambut jalinnya, sehingga mulailah Simson ditundukkan oleh perempuan itu, sebab kekuatannya telah lenyap dari padanya. 


Simson kehilangan kenazirannya (kekuatannya) sebab ia mencobai dirinya sendiri. Simson jatuh cinta kepada Delila, seorang perempuan Filistin musuh bangsa Israel. Setelah berulang kali dibujuk oleh Delila akhirnya Simson membuka rahasia kekuatan dirinya. Akibatnya Simson berhasil ditundukkan oleh bangsa Filistin.


Firman Tuhan mengatakan bahwa pencobaan bukan berasal dari Allah tetapi dari keinginannya sendiri. Kejatuhan Simson bukan karena pencobaan dari Tuhan, melainkan karena Simson mencobai diri sendiri.


Yakobus 1:13 (TB)  Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun.


Yakobus 1:14-15 (TB)  Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 

Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.


Jangan bermain-main dengan dosa (pencobaan). Barangsiapa bermain api akan terbakar olehnya. Sebab itu marilah kita hidup dalam pimpinan Roh Kudus.


Galatia 5:16 (TB)  Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 


Keinginan daging membawa kematian (penghukuman) tetapi keinginan Roh membawa kehidupan (kemuliaan). Kita seringkali berdoa agar Tuhan menjauhkan kita dari segala pencobaan, tetapi jangan sengaja membawa diri kita masuk ke dalam pencobaan. 


Yakobus 1:21 (TB)  Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.


Marilah kita hidup bagi Tuhan dan janganlah mencobai diri sendiri. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages