Menyikapi Pengikut Yang Takut

 



Senin, 25 Maret 2024


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 22-24


1 Samuel 23:3 (TB)  Tetapi orang-orang Daud berkata kepadanya: "Ingatlah, sedangkan di sini di Yehuda kita sudah dalam ketakutan, apalagi kalau kita pergi ke Kehila, melawan barisan perang orang Filistin."


Kota Kehila ditawan dan dijarah oleh orang Filistin. Penduduk kota Kehila memberitahukan hal itu kepada Daud. Maka Daud bertanya kepada Tuhan dan jawab Tuhan, "Pergilah, kalahkanlah orang Filistin itu dan selamatkanlah Kehila."


Tetapi para pengikut Daud menebar pesimisme dan ketakutan.


1 Samuel 23:3 (TB)  Tetapi orang-orang Daud berkata kepadanya: "Ingatlah, sedangkan di sini di Yehuda kita sudah dalam ketakutan, apalagi kalau kita pergi ke Kehila, melawan barisan perang orang Filistin."


Apakah yang dilakukan Daud ketika para pengikutnya mengalami ketakutan?


1. Daud kembali bertanya kepada Tuhan.


1 Samuel 23:4 (TB)  Lalu bertanya pulalah Daud kepada TUHAN, maka TUHAN menjawab dia, firman-Nya: "Bersiaplah, pergilah ke Kehila, sebab Aku akan menyerahkan orang Filistin itu ke dalam tanganmu."


2. Daud membawa pengikutnya untuk berperang melawan orang Filistin di Kehila.


1 Samuel 23:5 (TB)  Kemudian pergilah Daud dengan orang-orangnya ke Kehila; ia berperang melawan orang Filistin itu, dihalaunya ternak mereka dan ditimbulkannya kekalahan besar di antara mereka. Demikianlah Daud menyelamatkan penduduk Kehila. 


Apakah pelajaran dari kisah Daud di atas?


1. Daud lebih percaya kepada firman Tuhan daripada orang-orang yang mengalami ketakutan.


2. Daud menguatkan pengikutnya sehingga berani maju berperang dan akhirnya mengalami kemenangan.


Sebagai pemimpin, seringkali kita menghadapi masalah dan tantangan yang besar. Tidak jarang orang-orang yang bersama kita mengalami ketakutan ketika menghadapi masalah atau tantangan yang besar. Menyikapi keadaan seperti itu kita harus bertanya kepada Tuhan dan percaya kepada apa yang difirmankan-Nya. Selanjutnya kuatkanlah para pengikut untuk tetap melangkah sesuai dengan firman Tuhan.


"Jadilah pemimpin yang tidak menurut kepada pengikut yang takut, tetapi percaya kepada Tuhan dan menguatkan mereka yang tak berdaya."


Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages