Prinsip Keadilan Tuhan

 



Senin, 19 Pebruari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 34-36


Bilangan 35:8 (TB)  Mengenai kota-kota yang akan kamu berikan dari tanah milik orang Israel, dari suku yang banyak jumlahnya haruslah kamu ambil banyak, dan dari suku yang sedikit jumlahnya haruslah kamu ambil sedikit. Setiap suku harus memberikan dari kota-kotanya kepada orang Lewi sekadar milik pusaka yang dibagikan kepadanya." 


Ayat tersebut menggambarkan bagaimana Tuhan bersikap adil terhadap semua suku bangsa Israel. Dalam pembagian tanah Kanaan, suku yang banyak orangnya menerima banyak wilayah, sebaliknya suku yang sedikit orangnya menerima sedikit wilayah. Semua menerima dengan adil secara proporsional.


Di dalam Alkitab ada beberapa prinsip keadilan Tuhan, antara lain:


1. Prinsip tabur tuai.


Semakin banyak menabur, semakin banyak menuai.


2 Korintus 9:6 (TB)  Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.


2. Prinsip kerja keras.


Ada pepatah mengatakan, "usaha tidak mengkhianati hasil" artinya semakin keras berusaha maka semakin besar hasilnya.


2 Timotius 2:6 (TB)  Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya. 


3. Prinsip kepercayaan.


Semakin banyak diberikan kepercayaan maka semakin banyak dituntut.


Lukas 12:48 (TB)  Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut."


4. Prinsip buah pertobatan.


Semakin sungguh-sungguh merasakan kasih Tuhan, semakin banyak berbuat kasih.


Lukas 7:47 (TB)  Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih."


5. Prinsip kecukupan.


Tuhan memberkati kita menurut takaran kita masing-masing sehingga kita bisa hidup dalam kecukupan.


2 Korintus 8:15 (TB)  Seperti ada tertulis: "Orang yang mengumpulkan banyak, tidak kelebihan dan orang yang mengumpulkan sedikit, tidak kekurangan."  


6. Prinsip penghakiman.


Ukuran yang kita pakai untuk menilai orang lain akan diberlakukan bagi kita.


Matius 7:2 (TB)  Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.


Itulah beberapa prinsip keadilan Tuhan. Semoga kita bisa belajar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages