Dimulai Dari Gilgal

 



Minggu, 3 Maret 2024


Bacaan Alkitab Setahun:Yosua 4-6


Yosua 5:9 (TB)  Dan berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Hari ini telah Kuhapuskan cela Mesir itu dari padamu." Itulah sebabnya nama tempat itu disebut Gilgal sampai sekarang.


Gilgal adalah salah satu kota yang penting dalam perjalanan bangsa Israel memasuki tanah Kanaan. Gilgal adalah kota pertama di tanah yang dimasuki bangsa Israel setelah menyeberangi sungai Yordan. Beberapa arti rohani dari Gilgal berdasarkan Yosua 4-5 adalah:


1. Pertobatan


Yosua 5:9 (TB)  Dan berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Hari ini telah Kuhapuskan cela Mesir itu dari padamu." Itulah sebabnya nama tempat itu disebut Gilgal sampai sekarang.


Tuhan memerintahkan untuk menyunat seluruh bangsa Israel yang lahir di padang gurun. Sunat adalah penanggalan tubuh yang berdosa. Dalam arti rohani sunat artinya pertobatan. Demikianlah awal perjalanan kehidupan rohani bersama Tuhan harus dimulai dengan pertobatan sehingga kita menjadi umat yang kudus dan berkenan kepada Tuhan.


2. Mengingat kebaikan Tuhan.


Tuhan memerintahkan bangsa Israel mengambil dua belas batu dari sungai Yordan, kemudian menjadikan tugu peringatan di Gilgal.


Yosua 4:20-24 (TB)  Kedua belas batu yang diambil dari sungai Yordan itu ditegakkan oleh Yosua di Gilgal. 

Dan berkatalah ia kepada orang Israel, demikian: "Apabila di kemudian hari anak-anakmu bertanya kepada ayahnya: Apakah arti batu-batu ini?

maka haruslah kamu beritahukan kepada anak-anakmu, begini: Israel telah menyeberangi sungai Yordan ini di tanah yang kering! --

sebab TUHAN, Allahmu, telah mengeringkan di depan kamu air sungai Yordan, sampai kamu dapat menyeberang seperti yang telah dilakukan TUHAN, Allahmu, dengan Laut Teberau, yang telah dikeringkan-Nya di depan kita, sampai kita dapat menyeberang, 

supaya semua bangsa di bumi tahu, bahwa kuat tangan TUHAN, dan supaya mereka selalu takut kepada TUHAN, Allahmu." 


Kita harus selalu mengingat kebaikan Tuhan dalam hidup kita. Kita harus menyaksikan tentang karya Tuhan sehingga nama Tuhan dimuliakan dan membawa banyak orang untuk percaya kepada-Nya.


Sebagai orang Kristen, bahkan orang Kristen baru ada dua pesan penting bagi kita untuk memulai perjalanan kekristenan yaitu hidup dalam pertobatan dan selalu mengingat kebaikan Tuhan dalam hidup kita. Maka kita bisa memulai perjalanan rohani yang baik dan Tuhan menuntun kita sampai kepada rencana-Nya. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages