Pertolongan Tuhan Secara Spesifik

 



Selasa, 5 Maret 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 10-12


Yosua 10:14 (TB)  Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN. 


Dalam peperangan bangsa Israel melawan pasukan raja Adonia Zedek, raja Yerusalem ... bangsa Israel mengalami pertolongan Tuhan yang luar biasa. Yosua berdoa agar Tuhan menunda hari dengan cara menghentikan peredaran matahari dan bulan sehingga musuh mereka bisa dikalahkan sebelum matahari terbenam.


Yosua 10:12-13 (TB)  Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: "Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!"

Maka berhentilah matahari dan bulan pun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh.  


Rupanya pertolongan Tuhan yang terjadi secara spesifik dengan menghentikan matahari dari peredarannya hanya terjadi dalam peristiwa tersebut. Tidak ada kejadian serupa yang dicatat dalam Alkitab.


Apa yang dapat kita pelajari dari kisah tersebut?


1. Pertolongan Tuhan bagi kita spesifik tidak sama dengan orang lain.


Cara Tuhan menolong kita berbeda dengan orang lain. Jangan membatasi kuasa Tuhan dengan formula atau rumus tertentu. Ingatlah bagaimana Tuhan Yesus menyembuhkan seorang yang buta ... sangat spesifik.


Markus 8:23 (TB)  Yesus memegang tangan orang buta itu dan membawa dia ke luar kampung. Lalu Ia meludahi mata orang itu dan meletakkan tangan-Nya atasnya, dan bertanya: "Sudahkah kaulihat sesuatu?"


2. Pertolongan Tuhan saat ini tidak sama dengan masa lalu.


Bila masa lalu Tuhan menolong kita, maka saat ini dan masa depan Tuhan pun masih sanggup menolong kita. Tuhan Yesus tetap sama baik kasih maupun kuasa-Nya, tetapi cara yang Dia pakai selalu berbeda-beda menurut waktu dan rencana-Nya. Sebab itu kita tidak bisa membatasi cara Tuhan dengan cara Dia menolong kita di masa lalu.


Ibrani 13:8 (TB)  Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya. 


Bila sampai hari ini kita terus berdoa menantikan pertolongan Tuhan, tetaplah setia sampai Tuhan menjawab. Sebab Tuhan akan menolong kita pada waktu-Nya dan cara-Nya secara spesifik. Maksudnya agar kita sungguh-sungguh mengandalkan Tuhan dan tidak membatasi kuasa-Nya yang bekerja dalam hidup kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages