Pulih Sebentar Tobat

 



Kamis, 29 Pebruari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 28-30


Ulangan 30:3 (TB)  maka TUHAN, Allahmu, akan memulihkan keadaanmu dan akan menyayangi engkau. Ia akan mengumpulkan engkau kembali dari segala bangsa, ke mana TUHAN, Allahmu, telah menyerakkan engkau. 


Alkitab Terjemahan Baru (LAI) memberikan judul Ulangan 30:1-10 dengan padat dan ringkas, yaitu "Pulih setelah tobat."


1. Pertobatan yang umat lakukan


Ulangan 30:1-2 (TB)  "Maka apabila segala hal ini berlaku atasmu, yakni berkat dan kutuk yang telah kuperhadapkan kepadamu itu, dan engkau menjadi sadar dalam hatimu di tengah-tengah segala bangsa, ke mana TUHAN, Allahmu, menghalau engkau, 

dan apabila engkau berbalik kepada TUHAN, Allahmu, dan mendengarkan suara-Nya sesuai dengan segala yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, baik engkau maupun anak-anakmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.


2. Pemulihan yang Tuhan lakukan


Ulangan 30:3 (TB)  maka TUHAN, Allahmu, akan memulihkan keadaanmu dan akan menyayangi engkau. Ia akan mengumpulkan engkau kembali dari segala bangsa, ke mana TUHAN, Allahmu, telah menyerakkan engkau. 


Apakah pelajaran yang dapat kita ambil melalui ayat-ayat tersebut?


Ada kalanya kita mengalami keadaan yang tidak baik dan merasakan Tuhan tidak menyayangi kita. Ada kalanya kehidupan kita terserak dan terpisah dari orang-orang yang kita kasihi ...


1. Renungkanlah apakah semua yang kita alami seijin Tuhan sebagai bentuk ujian iman?

Jika sebagai ujian iman, hendaklah kita selalu mendekat dan berada dalam perlindungan Tuhan supaya kita kuat menjalaninya dan mengalami kemenangan.


2. Renungkanlah apakah semua yang kita alami sebagai bentuk teguran dari Tuhan atas dosa-dosa yang kita lakukan?

Jika sebagai teguran, hendaklah kita segera bertobat supaya kita mengalami pemulihan yang Tuhan berikan.


Amsal 3:5-6 (TB)  Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. 

Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. 


Seringkali tidak mudah untuk membedakan antara bentuk ujian atau teguran. Sebab itu tetaplah akui kelemahan kita, tetap bersekutu dengan Tuhan dan berada dalam hadirat-Nya. Maka kita akan menerima hikmat akan apa yang harus kita lakukan. Percayalah pemulihan dalam hidup kita pasti terjadi. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages