Jangan Berhenti Berdoa

 



Rabu, 20 Maret 2024


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 7-9


1 Samuel 7:8 (TB)  Lalu kata orang Israel kepada Samuel: "Janganlah berhenti berseru bagi kami kepada TUHAN, Allah kita, supaya Ia menyelamatkan kami dari tangan orang Filistin itu." 


Bangsa Israel dikuasai oleh bangsa Filistin selama dua puluh tahun lamanya. Selama itu mereka mengeluh karena beratnya tekanan hidup mereka. Sebab itu mereka berkata kepada Samuel agar jangan berhenti berdoa bagi mereka kepada Tuhan. Pada waktu itu nabi atau imam menyampaikan doa umat kepada Tuhan. Tetapi sekarang setiap orang bisa langsung berdoa kepada Tuhan dalam nama Tuhan Yesus.


Mengapa kita tidak boleh berhenti berdoa?


1. Masih ada doa-doa yang belum dijawab oleh Tuhan.


Kapan doa kita dijawab? Menunggu waktu Tuhan, sebab itu jangan jemu-jemu berdoa kepada Tuhan.


Lukas 18:1, 7 (TB)  Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu.

Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka?


2. Selama hidup selalu menghadapi masalah, tekanan, tantangan dan pencobaan.


Sebab itu kita harus terus-menerus berjaga-jaga dalam doa dan mengandalkan Tuhan.


Efesus 6:18 (TB)  dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,


1 Tesalonika 5:17 (TB)  Tetaplah berdoa. 


3. Berdoa adalah salah satu cara bersekutu dengan Tuhan.


Dalam doa kita bisa merasakan kasih Tuhan dan mendengarkan suara Tuhan. Yesus memberi teladan bagaimana Ia bersekutu kepada Bapa melalui doa. Demikianlah kita meneladani kehidupan doa Yesus.


Lukas 11:1 (TB)  Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya." 


Jadikanlah berdoa menjadi gaya hidup kita dalam segala keadaan. Jangan berhenti berdoa meskipun belum dijawab oleh Tuhan. Nantikanlah pertolongan Tuhan pada waktu-Nya. Tetaplah berdoa agar kita mengalami kemenangan dari segala masalah dan pergumulan dalam hidup. Berdoalah agar kita senantiasa terhubung dalam persekutuan dengan Tuhan. Tetap semangat, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages