Ratapan Di Bokhim

 



Minggu, 10 Maret 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Hakim-hakim 1-3


Hakim-hakim 2:4-5 (TB)  Setelah Malaikat TUHAN mengucapkan firman itu kepada seluruh Israel, menangislah bangsa itu dengan keras. 

Maka tempat itu dinamai Bokhim. Lalu mereka mempersembahkan korban di sana kepada TUHAN. 


Bokhim (bahasa Inggris: Bochim; juga dieja Bokim) adalah sebuah tempat yang disebutkan dalam Alkitab Perjanjian Lama yaitu dalam Kitab Hakim-hakim, terletak di sebelah barat Sungai Yordan. Namanya berarti 'para peratap'.


Mengapa bangsa Israel meratap kepada Tuhan?


1. Tidak mendengarkan firman Tuhan.


Hakim-hakim 2:2 (TB)  tetapi janganlah kamu mengikat perjanjian dengan penduduk negeri ini; mezbah mereka haruslah kamu robohkan. Tetapi kamu tidak mendengarkan firman-Ku. Mengapa kamu perbuat demikian?  


2. Selalu berhadapan dengan musuh.


Hakim-hakim 2:3 (TB)  Lagi Aku telah berfirman: Aku tidak akan menghalau orang-orang itu dari depanmu, tetapi mereka akan menjadi musuhmu dan segala allah mereka akan menjadi jerat bagimu."


Setelah mendengar firman Tuhan tersebut, bangsa Israel menangis dengan keras. Ada kesedihan, dukacita, penyesalan, kehilangan harapan karena setiap saat selalu diganggu oleh musuh. Musuh yang dimaksudkan pada saat ini adalah iblis dengan segala pekerjaannya yang mencobai orang percaya.


Jauhilah penyembahan berhala agar tidak mengalami dampak yang buruk bagi kita dan keluarga kita. Kita tentu tidak menginginkan kehidupan setiap hari dihiasi dengan air mata kesedihan, sebab itu taatilah firman Tuhan sehingga Tuhan menghalau segala musuh kita. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages