From Zero To Hero

 



Rabu, 13 Maret 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Hakim-hakim 10-12


Hakim-hakim 11:2 (TB)  Juga isteri Gilead melahirkan anak-anak lelaki baginya. Setelah besar anak-anak isterinya ini, maka mereka mengusir Yefta, katanya kepadanya: "Engkau tidak mendapat milik pusaka dalam keluarga kami, sebab engkau anak dari perempuan lain." 


Ada sebuah program acara dokumenter yang terkenal di salah satu TV swasta yaitu "From Zero to Hero". Acara tersebut menampilkan kisah hidup dari orang-orang biasa, tetapi karyanya telah mengubah keadaan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Jika pada zaman Hakim-hakim sudah ada program acara tersebut, maka Yefta layak diangkat menjadi bintang tamu. Sebab Yefta dari orang biasa bahkan berlatar belakang yang buruk tetapi diangkat Tuhan menjadi pahlawan bagi bangsa Israel. Arti nama Yefta adalah "Tuhan membuka rahim" yang berkonotasi "Tuhan akan memberikan terobosan".


1. Latar belakang yang buruk (From Zero)


a. Yefta anak seorang perempuan sundal.

Hakim-hakim 11:1 (TB)  Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa, tetapi ia anak seorang perempuan sundal; ayah Yefta ialah Gilead.


b. Yefta diusir dari keluarga.

Hakim-hakim 11:2 (TB)  Juga isteri Gilead melahirkan anak-anak lelaki baginya. Setelah besar anak-anak isterinya ini, maka mereka mengusir Yefta, katanya kepadanya: "Engkau tidak mendapat milik pusaka dalam keluarga kami, sebab engkau anak dari perempuan lain." 


c. Yefta menjadi pelaku kriminal.

Hakim-hakim 11:3 (TB)  Maka larilah Yefta dari saudara-saudaranya itu dan diam di tanah Tob; di sana berkumpullah kepadanya petualang-petualang yang pergi merampok bersama-sama dengan dia.

Hakim-Hakim 11:3 (FAYH)  Yefta lari dari rumah ayahnya dan tinggal di Tanah Tob. Tidak lama kemudian ia sudah mempunyai serombongan orang pemberontak sebagai pengikut-pengikutnya. Mereka hidup dari merampok.


2. Menjadi pahlawan (to Hero).


a. Dijemput dan diakui para tua-tua bangsa Israel.

Hakim-hakim 11:8 (TB)  Kemudian berkatalah para tua-tua Gilead kepada Yefta: "Memang, kami datang kembali sekarang kepadamu, ikutilah kami dan berperanglah melawan bani Amon, maka engkau akan menjadi kepala atas kami, atas seluruh penduduk Gilead." 


b. Yefta berdoa kepada Tuhan.

Hakim-hakim 11:11 (TB)  Maka Yefta ikut dengan para tua-tua Gilead, lalu bangsa itu mengangkat dia menjadi kepala dan panglima mereka. Tetapi Yefta membawa seluruh perkaranya itu ke hadapan TUHAN, di Mizpa. 


c. Tuhan memberi kemenangan kepada Yefta.

Hakim-hakim 11:32-33 (TB)  Kemudian Yefta berjalan terus untuk berperang melawan bani Amon, dan TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangannya. 

Ia menimbulkan kekalahan yang amat besar di antara mereka, mulai dari Aroër sampai dekat Minit — dua puluh kota banyaknya — dan sampai ke Abel-Keramim, sehingga bani Amon itu ditundukkan di depan orang Israel.


Pelajaran hari ini:

Betapa pun buruk masa lalu dan pengalaman seseorang tetapi Tuhan selalu punya rencana yang terbaik bagi masa depannya. Tuhan sanggup mengubahkan dari seorang yang gagal dan dibuang menjadi seorang pahlawan yang menjadi berkat bagi banyak orang.

Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages