Doa Dan Tangis Yang Tidak Didengar

 



Selasa, 20 Pebruari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 1-3


Ulangan 1:45 (TB)  Lalu kamu pulang dan menangis di hadapan TUHAN; tetapi TUHAN tidak mendengarkan tangisanmu dan tidak memberi telinga kepada suaramu. 


Bangsa Israel mengalami kekalahan saat menyerang orang Amori. Mereka menangis di hadapan Tuhan tetapi Tuhan tidak mendengarkan tangisan mereka.


Dalam perjalanan hidup kita, kadang kita berdoa disertai dengan tangisan karena kegagalan dan masalah yang kita alami. Tetapi ada kalanya Tuhan tidak mendengarkan doa dan tangisan kita. Apa penyebabnya?


1. Berbuat dosa kepada Tuhan


Ulangan 1:41 (TB)  "Lalu kamu menjawab, katamu kepadaku: Kami berbuat dosa kepada TUHAN. Kami mau maju berperang, menurut segala yang diperintahkan kepada kami oleh TUHAN, Allah kita. Dan setiap orang dari padamu menyandang senjata perangnya, sebab kamu menganggap mudah untuk berjalan maju ke arah pegunungan.


2. Tidak disertai Tuhan


Ulangan 1:42 (TB)  Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: Katakanlah kepada mereka: Janganlah kamu maju dan janganlah kamu berperang, sebab Aku tidak ada di tengah-tengahmu, nanti kamu terpukul kalah oleh musuhmu.


3. Menentang perintah Tuhan


Ulangan 1:43 (TB)  Dan aku berbicara kepadamu tetapi kamu tidak mendengarkan, kamu menentang titah TUHAN; kamu berlaku terlalu berani dan maju ke arah pegunungan. 


Bangsa Israel mengandalkan kekuatan diri sendiri sehingga tidak taat kepada perintah Tuhan.

Penghalang doa kita kepada Tuhan adalah dosa-dosa kita. 


Yeremia 5:25 (TB)  Kesalahanmu menghalangi semuanya ini, dan dosamu menghambat yang baik dari padamu. 


Sebab itu janganlah berdoa dan menangis tanpa disertai pertobatan, karena Tuhan tidak akan mendengar. Bertobatlah dari segala kejahatan dan dosa, taatilah perintah Tuhan maka Tuhan akan mendengar doa dan tangisan kita.

Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages