Saving! Mengelola Berkat Dengan Bijaksana




Selasa, 14 Januari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 40-42

Kejadian 41:35 (TB)  Mereka harus mengumpulkan segala bahan makanan dalam tahun-tahun baik yang akan datang ini dan, di bawah kuasa tuanku Firaun, menimbun gandum di kota-kota sebagai bahan makanan, serta menyimpannya.

Yusuf dipakai Tuhan untuk mengelola berkat di tanah Mesir ketika mengalami tujuh tahun kelimpahan supaya ketika mereka mengalami tujuh tahun kelaparan masih tersedia makanan di seluruh tanah Mesir. Yusuf memungut seperlima dari seluruh hasil tuaian di Mesir dan menyimpan di dalam lumbung.

Kelaparan yang dimaksud dapat berarti sudah pensiun (tidak ada penghasilan), kehilangan pekerjaan, mengalami sakit yang kronis, musibah yang memerlukan biaya yang besar atau sebuah keadaan yang memerlukan biaya besar misalnya biaya kuliah anak-anak.

Kita memasuki tahun 2020 yang kita percaya sebagai tahun Greater Blessing. Bagaimana kita menyikapi berkat yang Tuhan berikan dengan bijaksana? Saving atau simpanan.
Instrumen simpanan apa yang sebaiknya kita miliki sebagai simpanan atau cadangan ketika menghadapi masa-masa yang sulit? Berikut ini beberapa instrumen yang dapat kita pertimbangkan.

1. Deposito berjangka
Yaitu menyimpan uang dalam jumlah tertentu dalam instrumen deposito di bank baik 3 bulanan, 6 bulanan atau 1 tahunan. Deposito berbeda dengan tabungan biasa karena tidak dapat diambil sewaktu-waktu sebab memang dikhususkan untuk simpanan. Bunga deposito jauh lebih besar daripada bunga tabungan biasa.

2. Obligasi Ritel Indonesia (ORI)
Yaitu surat hutang pemerintah kepada investor. Kita dapat mengiventasikan uang kita dengan membeli ORI melalui lembaga bank yang ditunjuk oleh pemerintah. ORI juga bersifat berjangka, misalnya 3 tahun dan bunganya lebih tinggi daripada deposito.

3. Logam mulia
Yaitu menyimpan uang dengan cara membeli logam mulia baik berupa fisik maupun pembukuan (virtual). Maksud pembukuan (virtual) artinya kita tidak menyimpan logam mulia (misal emas) secara fisik tetapi melalui tabungan emas. Lembaga keuangan yang kredibel yang dapat melayani tabungan emas adalah PT. Pegadaian. Kita dapat membeli emas dengan berapa pun uang yang kita setor.

4. Asuransi
Yaitu menyimpan uang dengan cara membeli produk asuransi. Pastikan memilih perusahaan asuransi yang sehat dan kredibel dengan ROI di atas 300%. Kelebihan dari asuransi selain hasil investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang adalah proteksi. Maksudnya adalah ketika mengalami musibah/resiko akan mendapatkan uang pertanggungan yang sangat bermanfaat bagi peserta asuransi atau ahli warisnya.

5. Properti
Yaitu menyimpan uang dengan cara membeli properti baik berupa tanah maupun bangunan. Pastikan membeli properti di lokasi yang prospektif karena akan mendatangkan keuntungan yang besar. Tetapi jika membeli properti di daerah yang tidak prospek (misalnya daerah banjir, rawan kejahatan, dalam zonasi pelebaran jalan) bisa-bisa justru mengalami kerugian.

6. Saham perusahaan
Yaitu membeli saham melalui BEI, pialang saham atau online. Jika kita bukan pemain saham sebaiknya membeli saham-saham chip dari perusahaan-perusahaan publik yang kredibel dengan neraca keuangan yang positif. Keuntungan investasi saham selain kenaikan harga saham juga akan mendapatkan deviden yaitu pembagian keuntungan setiap tahun dari perusahaan.

Bersiap-siap menghadapi tahun berkat "Greater Blessing", pilihlah istrumen yang tepat bagi Anda. Kenaikan pendapatan bukan berarti kenaikan gaya hidup melainkan kenaikan saving/simpanan. Jika suatu saat mengalami keadaan yang sangat membutuhkan, saving/simpanan adalah hasil dari hikmat yang Tuhan berikan untuk memberikan pertolongan. Mari kelola berkat dengan bijaksana, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages