Bersihkan Pelitamu!




Minggu, 26 Januari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 28-30

Keluaran 30:7 (TB)  Di atasnya haruslah Harun membakar ukupan dari wangi-wangian; tiap-tiap pagi, apabila ia membersihkan lampu-lampu, haruslah ia membakarnya.

Setelah dinyalakan semalam-malaman biasanya akan timbul kerak atau jelaga yang mengurangi cahaya lampu. Itulah sebabnya setiap pagi lampu-lampu (pelita) di Kemah Pertemuan harus dibersihkan supaya tidak pudar nyalanya.
Matius 5:16 (TB)  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."
Secara rohani Tuhan rindu kita menjadi pelita yang bercahaya dan menerangi kegelapan, tetapi seringkali ada beberapa hal yang membuat pelita hidup kita redup cahayanya.

1. Dosa
Kehidupan dalam dosa akan membuat cahaya hidup kita menjadi redup bahkan padam. Terimalah kasih karunia Allah dan hiduplah sesuai firman-Nya agar kita tidak berada dalam kegelapan.
Mazmur 119:105 (TB)  Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

2. Kepahitan
Hidup dalam kepahitan atau kekecewaan yang akut akan menyebabkan seseorang sulit untuk melihat kebaikan orang lain bahkan juga kebaikan Tuhan dalam hidupnya. Oleh sebab itu buanglah segala  kepahitan supaya tidak menghalangi cahaya yang terpancar dari hidup kita.
Efesus 4:31 (TB)  Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.

3. Kejenuhan
Kejenuhan terjadi manakala seseorang tidak bisa melihat dengan fokus. Oleh sebab itu kuduskanlah penglihatanmu (visimu) supaya tidak membawa kita ke dalam dosa.
Lukas 11:34 (TB)  Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu.
Jika kita melakukan ibadah atau kerohanian secara agamawi akan menyebabkan kejenuhan. Tetapi jika kita menikmati kesegaran persekutuan intim dengan Tuhan akan menimbulkan sukacita dan semangat yang selalu diperbaharui.


Jangan biarkan kekotoran menghalangi cahaya pelitamu. Bersihkanlah setiap pagi dalam saat teduh dengan merenungkan firman Tuhan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Greater Blessing. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages