Kuasa Impian




Jumat, 10 Januari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 28-30

Kejadian 30:39 (TB)  Jika kambing domba itu berkelamin dekat dahan-dahan itu, maka anaknya bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang.

Kisah Yakub memperoleh ternak sangat luar biasa. Sebelumnya Yakub bekerja menggembalakan kambing domba Laban tanpa upah, hanya isteri-isteri dan anak-anaknya yang menjadi upahnya. Tetapi Yakub tetap mau bekerja pada Laban asal diberikan upah kambing domba yang berbintik-bintik dan berbelang-belang yang lahir dari kambing domba yang polos. Ini mustahil! Dipisahkannyalah area penggembalaan yang sangat jauh di antara kedua jenis kambing domba tersebut. Anak-anak Laban menggembalakan kambing domba yang berbintik-bintik dan berbelang-belang dan Yakub menggembalakan kambing domba yang polos.

Di sini kita akan merenungkan kuasa mimpi Yakub untuk memperoleh kambing domba yang berbintik-bintik dan berbelang-belang dari kambing domba yang polos.

1. Mimpi (visi) mengatasi hal yang mustahil.
Secara DNA, kambing domba jantan dan betina yang polos akan menghasilkan keturunan yang polos pula.
Tetapi Yakub mengimani jika kambing domba yang polos berkelamin di antara dahan pohon hawar yang telah dikupas, maka anak-anak kambing dombanya akan menjadi berbintik-bintik dan berbelang-belang. Ini sungguh-sungguh terjadi.
Kejadian 30:38-39 (TB)  Ia meletakkan dahan-dahan yang dikupasnya itu dalam palungan, dalam tempat minum, ke mana kambing domba itu datang minum, sehingga tepat di depan kambing domba itu. Adapun kambing domba itu suka berkelamin pada waktu datang minum.
Jika kambing domba itu berkelamin dekat dahan-dahan itu, maka anaknya bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang.

2. Mimpi (visi) menghasilkan apa yang diharapkan.
Yakub hanya meletakkan dahan pohon hawar yang dikupas pada saat kambing domba polos yang kuat berkelamin. Sedangkan saat kambing domba yang lemah berkelamin ia tidak meletakkan dahan pohon hawar tersebut. Hasilnya Yakub mendapatkan banyak kambing domba yang kuat, berbintik-bintik dan berbelang-belang sedangkan Laban mendapatkan kambing domba yang polos dan lemah.
Kejadian 30:42-43 (TB)  Tetapi apabila datang kambing domba yang lemah, ia tidak meletakkan dahan-dahan itu ke dalamnya. Jadi hewan yang lemah untuk Laban dan yang kuat untuk Yakub.
Maka sangatlah bertambah-tambah harta Yakub, dan ia mempunyai banyak kambing domba, budak perempuan dan laki-laki, unta dan keledai.


Apakah kesimpulan dari kisah tersebut?
a. Banyak hal yang sebelumnya mustahil di dunia ini menjadi nyata karena sebuah mimpi atau visi. Berbagai penemuan dan kemajuan teknologi lahir dari mimpi (visi). Berbagai kemajuan dalam pelayanan gereja maupun masyarakat lahir dari mimpi (visi). Jadi jangan takut punya mimpi (visi)!
b. Dahan pohon hawar yang telah dikupas sesungguhnya adalah lambang dari salib Kristus. Jika kita bersekutu dengan Kristus akan menjadi kuat, serupa dengan Dia dan menghasilkan dampak atau keturunan yang serupa dengan Dia.
Jadikanlah persekutuan dengan Kristus selalu menjadi visi dalam kehidupan kita. Di dalam Kristus tidak ada hal yang mustahil dan tersedia semua yang kita harapkan. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages