Cangkok Rohani




Selasa, 21 Januari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 13-15

Keluaran 15:17 (TB)  Engkau membawa mereka dan Kaucangkokkan mereka di atas gunung milik-Mu sendiri; di tempat yang telah Kaubuat kediaman-Mu, ya TUHAN; di tempat kudus, yang didirikan tangan-Mu, ya TUHAN.

Metode cangkok dalam pertanian adalah perbanyakan bibit tanaman dengan cara menumbuhkan akar pada batang sehingga dapat ditanam di tempat lain dengan sifat-sifat yang sama dengan induknya dan dapat berbuah lebih cepat.

Dalam Keluaran 15:17 kita menemukan istilah cangkok rohani, yaitu "Kaucangkokkan mereka di atas gunung milik-Mu sendiri; di tempat yang telah Kaubuat kediaman-Mu, ya TUHAN; di tempat kudus".
Apakah yang dapat kita renungkan dengan pemahaman tersebut?

1. Menyatu dengan Tuhan akan menghasilkan karakter seperti Dia.
Banyak orang mengeluhkan tentang karakter yang negatif dalam dirinya, walaupun telah berupaya memperbaikinya tetapi tetap belum berhasil. Seorang berhikmat berkata, "Anda akan menjadi seperti yang Anda sembah." Jika kita menyatu dengan Tuhan maka kita akan menjadi Dia. Bersekutu dengan Tuhan akan membuat kita takut akan Tuhan yang berarti menjauhi dosa dan hidup dalam kekudusan. Demikian pula kita akan memiliki kasih dan kelembutan seperti Tuhan.

2. Tujuan akhir dari cangkok rohani supaya kita menjadi alat untuk bersaksi.
Kesaksian yang hidup dapat dilihat melalui karakter ilahi dan perilaku yang memuliakan Tuhan. Setelah kita menyatu dengan Tuhan dan mengalami perubahan karakter, maka tugas selanjutnya supaya kita menjadi terang di tengah-tengah dunia. Cangkok secara pertanian akan mengakibatkan bibit tanaman semakin menyebar dan buah yang sama dirasakan oleh banyak orang. Cangkok secara rohani  akan memproduksi orang Kristen yang lahir baru yang hidupnya siap menjadi berkat dan terang di mana pun mereka berada.

Matius 5:16 (TB)  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."


Jangan pernah berhenti bersekutu (menyatu) dengan Tuhan sampai memiliki karakter ilahi dalam hidup kita. Jadilah agen perubahan bagi dunia dengan karakter ilahi yang kita bawa dan memuliakan nama Tuhan. Greater Blessing! (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages