Keselamatan Bagi Bangsa-bangsa




Senin, 20 Januari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 10-12

Keluaran 12:38 (TB)  Juga banyak orang dari berbagai-bagai bangsa turut dengan mereka; lagi sangat banyak ternak kambing domba dan lembu sapi.

Sejak kapan rencana Allah untuk keselamatan untuk bangsa-bangsa pertama kali dinyatakan?
Dalam panggilan Abraham dinyatakan bahwa Abraham diberkati untuk menjadi berkat bagi bangsa-bangsa. Tetapi tidak secara spesifik disebutkan tentang keselamatan bangsa di luar Israel. Keluaran 12:38 menunjukkan berbagai bangsa turut saat keluarnya bangsa Israel dari tanah Mesir menuju tanah Kanaan. Hal ini menunjukkan hati Allah untuk bangsa-bangsa di luar Israel.

A. Berapa banyak jumlah bangsa Israel yang keluar dari tanah Mesir?
Keluaran 12:37 (TB)  Kemudian berangkatlah orang Israel dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam ratus ribu orang laki-laki berjalan kaki, tidak termasuk anak-anak.
Jika dihitung bersama dengan perempuan dan anak-anak, diperkirakan bangsa Israel yang melakukan eksodus adalah 2 jutaan.

B. Berbagai bangsa lain turut dalam perjalanan menuju tanah Kanaan.
Keluaran 12:38 (TB)  Juga banyak orang dari berbagai-bagai bangsa turut dengan mereka; lagi sangat banyak ternak kambing domba dan lembu sapi.
Ayat tersebut adalah tanda awal bahwa Allah memperhatikan bangsa-bangsa lain di luar bangsa Israel. Allah juga rindu membebaskan bangsa-bangsa lain dari perbudakan.

C. Menjadi perantara keselamatan bagi bangsa lain.
Bangsa Israel yang ada di Mesir dipakai Tuhan untuk mengajak bangsa-bangsa lain untuk menuju Kanaan. Demikian pula kita sebagai Israel rohani karena Yesus, marilah kita peduli dan menjangkau bangsa lain bagi Tuhan. Dalam konotasi saat ini yang disebut bangsa lain adalah orang-orang yang belum percaya kepada Tuhan Yesus. Mereka saat ini hidup dalam perbudakan oleh dosa. Dengan demikian hal ini menjadi tugas bagi orang percaya sesuai dengan amanat agung.
Matius 28:19-20 (TB)  Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."


Marilah kita miliki hati Allah untuk keselamatan orang lain. Jadilah pembawa kabar baik agar orang-oramg yang belum mengenal Tuhan Yesus ikut bersama-sama kita menuju Kanaan rohani yaitu Sorga. People is our mission. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages