Persembahan Khusus




Sabtu, 25 Januari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 25-27

Keluaran 25:2 (TB)  "Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka memungut bagi-Ku persembahan khusus; dari setiap orang yang terdorong hatinya, haruslah kamu pungut persembahan khusus kepada-Ku itu.

Ada beberapa jenis persembahan di Alkitab, salah satunya adalah persembahan khusus.

1. Persembahan Khusus adalah persembahan komitmen untuk pekerjaan rumah Tuhan.
Perintah pertama tentang ini Allah keluarkan saat hendak membangun Tabernakel Musa, dan bangsa Israel dengan sukarela memberikannya (Keluaran 35:2). Persembahan khusus adalah persembahan yang diberikan untuk mendukung suatu tujuan tertentu dalam pekerjaan Tuhan, misalnya pembangunan dan pelayanan misi. Untuk keperluan ini tidak diambil dari persepuluhan. Tabernakel Musa, Bait Salomo dan perjalanan misi Paulus adalah pelayanan-pelayanan yang didukung oleh persembahan khusus jemaat Tuhan.

2. Persembahan khusus dipungut dari jemaat yang terdorong hatinya.
Dalam Alkitab terjemahan King James Versian menggunakan istilah heave offering, yaitu memilih dan mengkhususkan suatu persembahan untuk tujuan kebutuhan di rumah Tuhan. Dalam hal ini jemaat yang terdorong hatinya (bernazar) memberikan persembahan untuk rumah Tuhan dalam jumlah dan jangka waktu tertentu. Jadi setiap jemaat yang memberikan persembahan memiliki komitmen untuk persembahan khusus, bukan seadanya.
Dalam gereja kita diwujudkan dengan persembahan komitmen pembangunan yang khusus dialokasikan untuk pembangunan gedung gereja.
Firman Tuhan mengatakan jika kita telah berjanji untuk memberikan persembahan khusus, janganlah mengingkarinya. Mengingkari atau lalai dalam memberikan persembahan khusus sama halnya dengan menipu Tuhan.
Maleakhi 3:8 (TB)  Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?" Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus!


Jika kita telah berjanji memberikan persembahan khusus untuk rumah Tuhan, marilah kita meminta anugerah Tuhan agar dimampukan untuk memenuhinya agar kita tidak dipandang menipu Tuhan. Tuhan memberkati, Greater Blessing. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages