Kuasa Kesatuan





Sabtu, 4 Januari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 10-12

Kejadian 11:6 (TB)  dan Ia berfirman: "Mereka ini satu bangsa dengan satu bahasa untuk semuanya. Ini barulah permulaan usaha mereka; mulai dari sekarang apa pun juga yang mereka rencanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana.

Menara Babel menggambarkan usaha persatuan bahasa dan bangsa dengan tujuan negatif yaitu meninggikan diri. Itulah sebabnya Tuhan mengacaukan bahasa mereka sehingga mereka saling bertengkar satu dengan yang lain dan pembangunan menara Babel tidak dapat selesai. Tetapi sesungguhnya ada kuasa kesatuan yang baik apabila diarahkan untuk tujuan yang positif yaitu memuliakan Tuhan. Dalam terjemahan FAYH dikatakan dengan lebih jelas.
Kejadian 11:6 (FAYH)  Ia berfirman, "Lihatlah! Jika sekarang ini, pada waktu mereka baru mulai memanfaatkan persatuan bahasa dan bangsa, mereka sudah sanggup menyelesaikan semua ini, bayangkan apa yang akan dilakukan mereka kemudian hari. Segala apa pun dapat mereka capai!

1. Sanggup menyelesaikan pekerjaan besar.
Menara Babel adalah pekerjaan yang besar karena puncaknya sampai ke langit.
Kejadian 11:4 (TB)  Juga kata mereka: "Marilah kita dirikan bagi kita sebuah kota dengan sebuah menara yang puncaknya sampai ke langit, dan marilah kita cari nama, supaya kita jangan terserak ke seluruh bumi."
Manusia bekerja sama satu dengan yang lain sehingga dapat membangun Menara Babel, sebelum Tuhan datang untuk mengacaukan bahasa mereka.
Jika kita sedang dipercaya untuk melakukan pekerjaan besar, bangunlah kesatuan supaya bisa menyelesaikan semua pekerjaan yang dipercayakan.

2. Tiada yang mustahil
Dalam terjemahan FAYH dikatakan segala apa pun dapat mereka capai. Hal ini menunjukkan bila ada kesatuan, tidak ada yang mustahil.
Apakah Anda ingin mencapai sesuatu yang besar bahkan kelihatannya mustahil? Bangunlah tim dan pelihara kesatuan, maka kuasa kesatuan akan mengalahkan segala sesuatu yang mustahil.


Kita baru saja memasuki tahun 2020. Apakah visi besar Anda di tahun ini? Pelajaran tentang menara Babel menunjukkan bahwa ketika manusia membangun kesatuan, maka mereka sanggup menyelesaikan pekerjaan yang besar dan tidak ada yang mustahil.
Mari kita bangun kesatuan dalam keluarga, dalam pekerjaan, studi, kemasyarakatan, kehidupan berbangsa dan terlebih dalam pelayanan agar semua visi besar dapat terwujud untuk kemuliaan Tuhan. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages