Manusia Duniawi




Selasa, 7 Januari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 19-21

Kejadian 19:14 (TB)  Keluarlah Lot, lalu berbicara dengan kedua bakal menantunya, yang akan kawin dengan kedua anaknya perempuan, katanya: "Bangunlah, keluarlah dari tempat ini, sebab TUHAN akan memusnahkan kota ini." Tetapi ia dipandang oleh kedua bakal menantunya itu sebagai orang yang berolok-olok saja.

Dunia pada masa Lot hidup penuh dengan kejahatan sehingga Tuhan berencana memusnahkan kota Sodom dan Gomora. Tetapi Tuhan mengasihani dan mau menyelamatkan keluarga Lot dan bakal menantunya. Ketika Lot menyampaikan rencana akan memusnahkan kota Sodom dan Gomora, maka kedua bakal menantunya memandang bahwa Lot hanya berolok-olok (bercanda).
Mengapa kedua bakal menantunya tidak serius menanggapi rencana Tuhan? Pelajaran apa yang kita dapatkan?

1. Manusia duniawi sulit memahami hal-hal yang rohani.
1 Korintus 2:14 (TB)  Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.
Kedua bakal menantu Lot adalah manusia duniawi yang sulit mengerti perkara rohani. Pikiran dan fokus hidup mereka kepada jasmani, materi dan keinginan daging sehingga memandang perkara rohani sebagai kebodohan atau candaan.
Pernahkah kita memberitakan Injil atau mengajak orang percaya Tuhan dan mengajak mereka ke gereja? Manusia duniawi akan menolak, banyak alasan atau diam tapi tidak mau melakukan. Sikap mereka demikian karena mata rohani mereka tertutup oleh dosa sehingga tidak ada kerinduan untuk mengenal Allah.

2. Jangan mengambil menantu manusia duniawi.
Itulah sebabnya firman Tuhan melarang mencari pasangan hidup yang tidak seiman, sebab mereka tidak memahami dan tidak melakukan kebenaran firman Tuhan.
2 Korintus 6:14-15 (TB)  Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?
Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?


Sebagai orang tua, doakan dan pastikan anak kita mendapatkan pasangan hidup yang seiman dan lahir baru supaya mereka berdua hidup dalam kehendak Tuhan. Bagi para single yang sedang berdoa untuk pasangan hidup ... jadikanlah syarat seiman (manusia rohani) sebagai syarat prioritas calon pasangan Anda. Jangan sampai menikah dengan orang yang tidak seiman dan menganggap bahwa ibadah kepada Tuhan sebagai olok-olok, candaan atau tidak serius.
Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages