Perubahan Identitas




Senin, 6 Januari 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 16-18

Kejadian 17:4-5 (TB)  "Dari pihak-Ku, inilah perjanjian-Ku dengan engkau: Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.

Tuhan tidak pernah lalai menepati janji-Nya. Tetapi dibutuhkan ketekunan dan perubahan identitas penerima janji agar ketika janji Tuhan digenapi tidak akan menyimpang dari rencana Tuhan.

1. Identitas semula
Identitas semula adalah Abram yang artinya bapak yang mulia atau bapak yang ditinggikan. Memang Abram sudah dimuliakan dengan harta kekayaan yang diberikan Tuhan kepadanya, tetapi ia belum mempunyai anak. Identitas semula memiliki kelemahan dalam menantikan penggenapan janji Tuhan. Salah satunya adalah keputusan yang salah adalah mendengar permintaan Sara untuk mengawini Hagar.
Kejadian 16:2 (TB)  Berkatalah Sarai kepada Abram: "Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak." Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai.
Akibat keputusan yang salah ini lahirlah Ismael beserta keturunannya yang sampai saat ini menjadi bangsa-bangsa yang tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.

2. Identitas baru
Tuhan mengubah identitas Abram menjadi Abraham yang artinya bapak banyak bangsa. Nama yang diberikan mempengaruhi kehidupan masa depan seseorang. Maksud Tuhan memberikan identitas baru kepada Abraham agar dikuatkan imannya untuk menantikan kelahiran anak perjanjian sampai memiliki banyak anak cucu dan bangsa. Kekuatan identitas baru menguatkan iman Abraham untuk terus menantikan penggenapan janji Tuhan.
Kejadian 17:6-7 (TB)  Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja.
Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.

Dalam mengenakan identitas baru bukan tanpa halangan. Ketika kita mengenakan identitas baru di dalam Kristus, banyak orang mungkin mencibir, menjauhi, melakukan diskriminasi hingga persekusi. Memang kita adalah Kristen yang artinya Kristus kecil. Sebagaimana Kristus memikul salib dalam penderitaan-Nya, demikianlah kita ikut memikul salib-Nya, yaitu panggilan ikut menderita.
1 Petrus 2:21 (TB)  Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.


Kenakanlah identitas baru dalam Kristus yaitu kehidupan yang diubahkan. Sekalipun harus memikul salib, identitas yang baru akan membawa kita untuk mengalami penggenapan janji Tuhan terjadi dalam kehidupan kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages