Tidak Ada Jalan Pintas



Sabtu, 25 Agustus 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 43-45

Yeremia 44:23 (TB)  Kamu telah membakar korban dan kamu telah berdosa kepada TUHAN, tidak mendengarkan suara TUHAN dan tidak mengikuti Taurat-Nya, ketetapan-Nya dan peraturan-Nya, itulah sebabnya malapetaka ini menimpa kamu, seperti yang ternyata sekarang ini."

Segenap rakyat Yehuda tidak tahan dalam penderitaan ketika bangsa mereka ditaklukkan oleh Nebukadnezar, raja Babel. Meskipun Tuhan telah berpesan agar mereka jangan pergi ke Mesir, mereka tetap berkeras pergi ke Mesir. Mereka mencari jalan pintas keluar dari masalah dengan mengandalkan manusia bahkan sekalipun melawan Tuhan. Mereka melakukan dosa dengan membakar korban kepada berhala yang merupakan kekejian bagi Tuhan. Mata mereka sudah gelap sehingga tidak bisa melihat kebenaran.

Meskipun dunia semakin modern, masih banyak orang yang percaya kepada klenik. Gunung Kawi, gunung Kemukus dan tempat ritual mencari "pesugihan" tidak pernah sepi. Mereka mencari jalan pintas keluar dari masalah mereka. Mencari kekayaan dengan jalan pintas sesungguhnya telah menyerahkan hidup dan keturunan mereka kepada iblis. Namun mereka tidak bisa menyadari karena mata rohani mereka telah tertutup dan tidak lagi percaya kepada Tuhan.

Bangsa Yehuda telah berdosa kepada Tuhan dengan membakar korban, tidak mendengarkan suara TUHAN dan tidak mengikuti Taurat-Nya, ketetapan-Nya dan peraturan-Nya sehingga malapetaka menimpa mereka. Mereka binasa, hanya sebagian kecil yang selamat, tentunya mereka yang masih memiliki iman dan bertobat kepada Tuhan.

Jangan pernah mencari jalan pintas, terlebih yang berhubungan dengan kuasa kegelapan. Mereka memberikan berkat di depan, tetapi harga yang harus dibayar sangatlah mahal. Nyawa mereka dan keturunannya menjadi tumbalnya. Sebaliknya tetaplah bertekun ketika masalah datang, mengandalkan Tuhan dan menantikan pertolongan-Nya.

Roma 12:12 (TB)  Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!
Orang-orang yang mengandalkan Tuhan pasti akan mengalami pertolongan-Nya, indah pada waktu-Nya. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages