Diberkatilah Orang Yang Mengandalkan Tuhan




Kamis, 15 Agustus 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 16-18

Yeremia 17:7 (TB)  Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!

Berkat selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas, terlebih jika kita dalam keadaan susah karena mengalami pergumulan yang berat. Tetapi berkat adalah hasil dari ketaatan. Banyak orang hanya menginginkan berkat tetapi tidak mau menjalani ketaatan melakukan firman Tuhan.

Pesan firman Tuhan hari ini adalah diberkati orang yang ....

1. Mengandalkan Tuhan
Bukan mengandalkan manusia atau kekuatannya sendiri (Yeremia 17:5). Mengandalkan Tuhan berarti mempercayai Tuhan sebagai satu-satunya sumber pertolongan. Mengandalkan Tuhan juga berarti beriman bahwa Tuhan bisa melakukan segala perkara, bahkan hal-hal yang mustahil bagi manusia.

2. Menaruh harapannya pada Tuhan
Kata menaruh sama artinya dengan meletakkan. Dalam hal ini berserah atau menyerahkan seluruh harapan kepada Tuhan. Apa yang kita harapkan mungkin berupa kebutuhan, cita-cita, jodoh, masa depan dan rencana-rencana. Berserah berarti mempercayai bahwa kehendak Tuhan jauh lebih sempurna daripada kehendak kita. Menaruh harapan berarti berserah pada waktu Tuhan, yang memberikan pertolongan tepat pada waktu-Nya.

Dengan apakah disamakan orang yang mengandalkan Tuhan?
Yeremia 17:8 (TB)  Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Tuhan mengenal kehidupan kita, tidak ada sesuatu yang tersembunyi. Ia mengenal masa depan kita bahkan setiap rencana-Nya untuk masa depan kita. Ia tidak pernah merencanakan hal yang buruk, tetapi masa depan yang penuh dengan harapan dan damai sejahtera. Oleh sebab itu tetaplah mengandalkan Tuhan dan menantikan pertolongan-Nya senantiasa. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages