Mengusahakan Kesejahteraan Kota



Senin, 20 Agustus 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 28-30

Yeremia 29:7 (TB)  Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

Almolonga adalah nama sebuah kota yang terletak di bagian barat Guatemala, salah satu negara di bagian Amerika Latin yang pernah menempati peringkat 10 besar negara paling berbahaya di dunia. Empat puluh tahun yang lalu, para penduduk di kota Almolonga masih sangat miskin, tanahnya sangat kering dan tidak bisa ditanami karena mereka masih terbelenggu oleh penyembahan berhala.

Gereja di sana terus mengadakan peperangan melawan berhala dari tahun 1974-1975. Gereja terus melakukan doa syafaat dan nama Yesus terbukti mengalahkan kuasa kegelapan. Setelah terjadi pertobatan besar-besaran di Kota Almolonga, 18.000 penduduk mengalami lahir baru dalam Kristus dan perubahan besar terjadi atas kota Almolonga. Bukan hanya orang-orangnya yang ditransformasikan, melainkan juga tanah dan ladang sehingga kesejahteraan melimpah atas kota Almolonga.

Tuhan bisa menstranformasikan sebuah kota, bahkan kota yang dalam keadaan miskin dan penuh kejahatan. Firman Tuhan pagi ini, kembali menegaskan panggilan Tuhan bagi setiap orang percaya:

1. Usahakanlah kesejahteraan kota.
Bekerja dengan jujur dan rajin, mentaati setiap peraturan, menjaga kebersihan, menjaga kesatuan di antara masyarakat serta membagi berkat bagi masyarakat atau saudara-saudara yang tidak mampu.

2. Berdoa untuk kota
Atmosfir sebuah kota sangat mempengaruhi sikap dan karakter masyarakat yang tinggal di dalamnya. Bayangkan bagaimana kondisi masyarakatnya bila penyembahan berhala, kriminalitas, pelacuran, miras dan narkoba memenuhi sebuah kota. Usaha kita secara fisik mungkin terbatas, tetapi Tuhan bisa memakai doa-doa kita untuk memulihkan sebuah kota, seperti yang terjadi di kota Almolonga. Doa bagaikan serangan udara yang melumpuhkan kekuatan musuh di sebuah kota.

3. Korelasi kesejahteraan kota dan warganya.
Kota yang sejahtera secara langsung akan berdampak untuk kesejahteraan warganya. Suasana sejuk, indah dan damai. Lapangan pekerjaan terbuka, kemudahan dalam membuka dan menjalankan bisnis. Sekolah yang maju dan beradab. Kehidupan rohani yang mewarnai setiap warga dengan tetap menjunjung tinggi toleransi. Tingkat kesehatan dan tinggi dan usia harapan hidup yang semakin bertambah. Kebahagiaan terpancar dari setiap wajah penduduk kota.

Semua hal tersebut tentu menjadi dambaan setiap penduduk, akan terjadi bila kita memenuhi panggilan Tuhan untuk mengusahakan kesejahteraan kota dan berdoa bagi kota di mana saat ini kita tinggal. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages