Menabur Di Tanah Yang Subur



Minggu, 12 Agustus 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 4-6

Yeremia 4:3 (TB)  Sebab beginilah firman TUHAN kepada orang Yehuda dan kepada penduduk Yerusalem: "Bukalah bagimu tanah baru, dan janganlah menabur di tempat duri tumbuh.

Inti dari Kitab Yeremia adalah peringatan akan datangnya hukuman kepada bangsa yang tidak taat kepada Tuhan. Dalam hal ini Tuhan mengutus Yeremia untuk berbicara baik kepada bangsa Israel dan Yehuda maupun bangsa-bangsa lain.

Menarik untuk diperhatikan terjemahan dalam versi Firman Allah Yang Hidup (FAYH),
Yeremia 4:3 (FAYH)  TUHAN berfirman kepada orang-orang Yehuda dan Yerusalem, "Bajaklah hatimu yang keras itu; kalau tidak, benih yang baik akan terbuang di antara semak duri.

1. Bukalah tanah baru
Buka lembaran hidup yang baru, lupakanlah kegagalan dan tinggalkan segala dosa. Bajaklah hati yang keras yang tidak taat kepada Tuhan. Hati yang baik bagaikan tanah yang subur untuk menerima setiap benih firman Tuhan. Mari kita renungkan hati kita masing-masing, apakah masih ada dosa yang menguasai hati kita, adakah kepahitan, kemarahan, kebencian, kemunafikan dalam hati kita dan dosa yang belum kita akui? Jika masih ada segeralah bertobat dan bersihkan hati kita.
Amsal 4:23 (TB)  Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

2. Jangan Menabur Di Tempat Duri Tumbuh.
Hal ini berarti jangan kompromi dengan dosa.
Lukas 8:14 (TB)  Yang jatuh dalam semak duri ialah orang yang telah mendengar firman itu, dan dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup, sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang.

Jangan izinkan kekuatiran, tipu daya kekayaan dan kenikmatan hidup menghimpit firman Tuhan yang telah kita dengar. Kehidupan kita tidak akan maksimal bila kita masih kompromi dengan dosa.

Bersihkan hati kita setiap hari dengan firman Tuhan. Isilah lembaran baru yaitu hati kita dengan segala yang mulia.
Filipi 4:8 (TB)  Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Hati yang kudus akan memungkinkan firman Tuhan bertumbuh dan berbuah dalam kehidupan kita. Selamat beribadah dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

1 komentar:

Pages