Penjaga Umat Tuhan




Kamis, 30 Agustus 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 1-3
Yehezkiel 3:17 (TB)  "Hai anak manusia, Aku telah menetapkan engkau menjadi penjaga kaum Israel. Bilamana engkau mendengarkan sesuatu firman dari pada-Ku, peringatkanlah mereka atas nama-Ku."

Perhelatan Asian Games 2018 saat ini masih berlangsung. Pemerintah mengerahkan ribuan polisi untuk menjaga dan mengamankan pesta olah raga se-Asia ini. Panitia INASGOC mengerahkan petugas dan sukarelawan untuk menyukseskan acara ini. Tugas mereka salah satunya salah menjaga para atlit yang menginap di wisma atlit Kemayoran. Ada begitu banyak peraturan yang ketat yang harus dipatuhi oleh atlit. Mereka memastikan para atlit mengikuti peraturan yang ditetapkan panitia. Ada yang beralasan jenuh dengan makanan yang disediakan panitia sehingga mau makan di luar wisma atlit. Tetapi panitia yang bertugas menjaga tetap sigap dan melarang mereka makan di luar. Semua itu bertujuan untuk kebaikan dan kesehatan mereka. Sebab makanan di luar belum tentu hygienist bagi mereka, terlebih makanan yang dijual di pinggir jalan.

Sebagai orang percaya kita telah dimerdekakan oleh Kristus, tetapi bukan berarti kita bebas melakukan apa saja. Setiap peraturan hidup kita sudah tertulis di Alkitab. Bila kita mau membaca dan merenungkan, maka semakin kita mengetahui mana yang boleh dan tidak boleh kita lakukan. Sesungguhnya kita yang lebih dahulu mengetahui peraturan itu, ada panggilan bagi kita untuk memberi tahu kepada jemaat yang belum tahu. Dalam hal ini Tuhan memanggil kita menjaga penjaga bagi yang lain.

1 Tesalonika 5:14 (TB)  Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.

Mungkin ada saudara atau teman yang hidupnya tidak tertib, Tuhan memanggil kita untuk menegor mereka dengan kasih. Tujuannya agar mereka dapat hidup lebih baik sesuai dengan rencana Tuhan.
Agar dapat menjadi penjaga yang baik ada 2 hal yang harus diperhatikan:
1. Pelajari setiap peraturan hidup yang tertulis dalam Alkitab.
2. Miliki kepedulian kepada orang lain, jangan masa bodoh bila orang lain melakukan kesalahan.

Alangkah indahnya bila setiap orang Kristen menjadi penjaga satu dengan yang lain. Mereka saling mengingatkan dan tidak tersinggung sehingga kehidupan umat Tuhan menjadi kesaksian yang baik di tengah-tengah masyarakat. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages