Memenuhi Panggilan Tuhan




Sabtu, 11 Agustus 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 1-3

Yeremia 1:6 (TB)  Maka aku menjawab: "Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda."

1. Rencana Tuhan: Menjadikan Kita Menjadi Nabi
Yeremia 1:5 (TB)  "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa."
Tuhan sudah menetapkan rencana-Nya bagi kita yaitu menjadi nabi bagi bangsa-bangsa. Nabi adalah utusan Tuhan, menyampaikan suara Tuhan atau kabar keselamatan dari Tuhan. Setiap orang Kristen dipanggil untuk melayani sebagai nabi (utusan) yang menyampaikan Injil (kabar baik), yaitu keselamatan melalui karya Tuhan Yesus di kayu salib.

2. Berbagai Alasan Klasik Menolak Panggilan Tuhan.
Yeremia 1:6 (TB)  Maka aku menjawab: "Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda."
Sampai hari ini kita masih mendengar  orang-orang yang menolak atau menghindar dari panggilan Tuhan. Alasan klasik yang mereka sampaikan adalah tidak pandai bicara atau masih muda.
Tuhan tidak memanggil orang yang mampu tetapi Ia memanggil orang yang mau dipakai Tuhan. Panggilan adalah sebuah kepercayaan yang Tuhan berikan. Misalnya setelah lulus kuliah, mendapatkan panggilan kerja dari sebuah perusahaan multinasional. Berarti dipercaya untuk bekerja bersama mereka. Kita adalah orang-orang yang dipercaya untuk menjadi mitra Allah sekalipun kita tidak mampu. Oleh sebab itu janganlah menolak kepercayaan dari Tuhan. Jangan menolak panggilan pelayanan, Tuhan mau memakai Anda menjadi alat-Nya.

3. Tuhan Menyertai dan Memperlengkapi
Tuhan menghendaki agar kita taat memenuhi panggilan Tuhan.
Yeremia 1:7 (TB)  Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: "Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapa pun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apa pun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan.

Ada 3 hal yang Tuhan akan lakukan agar kita yang mau menjadi mampu untuk menjalankan panggilan Tuhan.
A. Tuhan menyertai
Yeremia 1:8 (TB)  Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN."
B. Tuhan memperlengkapi
Yeremia 1:9 (TB)  Lalu TUHAN mengulurkan tangan-Nya dan menjamah mulutku; TUHAN berfirman kepadaku: "Sesungguhnya, Aku menaruh perkataan-perkataan-Ku ke dalam mulutmu.
C. Tuhan memberi kuasa
Yeremia 1:10 (TB)  Ketahuilah, pada hari ini Aku mengangkat engkau atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan untuk mencabut dan merobohkan, untuk membinasakan dan meruntuhkan, untuk membangun dan menanam."

Rencana Tuhan dalam hidup kita begitu dahsyat. Jangan menolak panggilan Tuhan dengan alasan klasik tidak mampu atau masih muda. Tuhan hanya membutuhkan orang-orang yang mau sebab Ia akan menyertai, memperlengkapi dan memberi kita kuasa untuk melayani panggilan Tuhan. Haleluya. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages