Kesegaran Rohani



Rabu, 8 Agustus 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 58-60

Yesaya 58:11 (TB)  TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan.

Bila kita memiliki kendaraan tentu secara berkala membutuhkan service atau tune up, mengganti oli dan mengecek suku cadang. Semua itu kita lakukan agar kendaraan dalam kondisi sehat, nyaman dan aman bagi pengguna saat dalam perjalanan. Di samping itu bila kita lalai tidak melakukan service atau ganti oli, seringkali kerusakan akan meluas pada spare part yang lain sehingga mengakibatkan turun mesin dengan biaya yang jauh lebih besar.

Apakah Anda mengalami kejenuhan dalam pelayanan, kekeringan rohani, tidak lagi memiliki roh yang menyala-nyala? Sebaiknya Anda mengambil waktu untuk berpuasa. Puasa merupakan cara yang tepat untuk merendahkan diri, instropeksi diri dan mencari kehendak Tuhan. Puasa adalah "service/tune up" kehidupan rohani. Yesaya 58 merupakan panduan yang tepat mengenai cara berpuasa dan manfaat berpuasa.

Salah satu manfaat berpuasa adalah memberikan kesegaran rohani.

1. Mendapatkan tuntunan Tuhan
Dalam berpuasa kita mencari kehendak Tuhan, dan menerima iman dan keyakinan akan penyertaan Tuhan.

2. Memuaskan hati di tanah kering
Dalam berpuasa kita akan bisa mengucap syukur dan mengalami kepuasan dan ketenangan hati, sekalipun kita masih di tanah kering (menghadapi masalah).

3. Menerima kekuatan yang baru
Puasa seperti kita mengisi baterai HP kita, sebaiknya HP dimatikan supaya berjalan cepat dan aman. Saat berpuasa kita memberi lebih banyak waktu untuk berdoa dan merenungkan firman Tuhan. Setelah berpuasa akan mendapatkan kekuatan rohani yang baru.

4. Memancarkan kehidupan bagi orang lain.
Air menjadi kebutuhan utama semua makhluk hidup. Banyak manusia mengalami kekeringan bahkan kematian rohani. Dengan puasa, kita akan mengalami kesegaran rohani dan mata air rohani dalam diri kita akan memancar untuk memberikan kehidupan bagi orang lain.

Mazmur 35:13 (TB)  Tetapi aku, ketika mereka sakit, aku memakai pakaian kabung; aku menyiksa diriku dengan berpuasa, dan doaku kembali timbul dalam dadaku.

Bila Anda jarang atau tidak pernah berpuasa, ambillah waktu untuk melakukannya. Adalah baik untuk melakukan puasa secara rutin. Bukan sekedar mengurangi makan dan minum tetapi berikan waktu lebih banyak untuk bersekutu dengan Tuhan dan merenungkan firman-Nya. Merendahkan diri untuk mengakui dosa dan dapatkan tuntunan Tuhan dalam kehidupan Anda. Maka akan mengalami kesegaran rohani yang baru dan memiliki roh yang menyala-nyala. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages