Tiap Langkahku Diatur Oleh Tuhan



Selasa, 14 Agustus 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 10-12

Yeremia 10:23 (TB)  Aku tahu, ya TUHAN, bahwa manusia tidak berkuasa untuk menentukan jalannya, dan orang yang berjalan tidak berkuasa untuk menetapkan langkahnya.

Suatu pagi seorang gembala sedang membawa sekumpulan dombanya ke sebuah tanah lapang yang berumput hijau. Namun ia harus melewati di jalan di antara rumah warga yang berpagar tanaman. Terlihat gembala tersebut pontang-panting, ke sana ke mari, mengacungkan tongkat sambil berteriak demi menghalau domba-dombanya agar tidak makan tanaman hidup milik warga. Setiap kali domba memakan pepohonan milik warga, bahkan ia bertindak lebih keras yaitu memukul domba-domba itu dengan tongkatnya. Demikianlah terus terjadi sampai ia berhasil membawa semua kawanan domba ke tempat yang ia tuju.

Apa yang kita pelajari dari kisah di atas? Gembala memiliki tujuan dan mengatur jalannya domba agar tidak menyimpang sehingga sampai di tempat tujuan. Tetapi seringkali domba-domba mengikuti keinginan sendiri sehingga menjauh dari jalan sang gembala. Sesungguhnya Tuhan adalah gembala kita dan kita adalah domba-domba-Nya.

Pesan ayat firman Tuhan hari ini adalah:
1. Jalan hidup kita ditentukan oleh Tuhan.
Tuhan memiliki rencana yang terbaik, mengetahui jalan hidup dan masa depan kita. Walaupun kita punya rencana dan keinginan yang mungkin secara manusia baik, tetapi rencana dan jalan Tuhan sempurna. Oleh sebab itu marilah kita tundukkan rencana atau keinginan kita di bawah rencana dan kehendak Tuhan yang sempurna.

2. Langkah hidup kita dipimpin oleh Tuhan.
Dalam membawa kita kepada tujuan Tuhan, Ia menyertai dan menuntun kita selangkah demi selangkah. Seringkali kita salah memilih, jatuh atau tergoda di tengah jalan. Tetapi Tuhan tetap setia menolong, membimbing, mengingatkan dan mengarahkan kembali sehingga langkah hidup kita sesesuai dengan rencana Tuhan. Jangan marah dan kecewa bila kita ditegur oleh Tuhan. Sebaliknya bersyukurlah karena kita tidak jadi tersesat dan langkah hidup kita dipulihkan-Nya.

Mari kita renungkan jalan hidup kita saat ini, apakah menjauh dari rencana Tuhan? Jika ya, segeralah bertobat dan kembali kepada Tuhan. Berdoalah dan mintalah pimpinan Tuhan dalam setiap langkah kehidupan kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages