Pergumulan dan Kemenangan



Jumat, 10 Agustus 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 64-66

Yesaya 66:8 (TB)  Siapakah yang telah mendengar hal yang seperti itu, siapakah yang telah melihat hal yang demikian? Masakan suatu negeri diperanakkan dalam satu hari, atau suatu bangsa dilahirkan dalam satu kali? Namun baru saja menggeliat sakit, Sion sudah melahirkan anak-anaknya.

Kelahiran seorang anak merupakan kebahagiaan yang luar biasa bagi keluarga. Ada yang lahir dengan cepat ada pula lahir dengan melalui sakit bersalin yang sangat berat, namun berakhir dengan sukacita bila anaknya telah lahir dengan selamat.

1. Pergumulan harus dijalani dengan tekun.
Banyak orang hanya menginginkan hasil tetapi tidak semuanya sanggup menjalani proses dengan tekun. Seorang ibu melahirkan dalam waktu satu hari, tetapi lebih dari sembilan bulan ia menjalani proses yang berat. Ada rasa mual dan lemas di awal kehamilan, ada perubahan "mood" karena perubahan hormon, ada beban yang berat yang ia tanggung di dalam perutnya. Ada keterbatasan fisik yang dialami dalam beraktifitas. Hanya dengan bertekunlah seorang ibu sampai pada waktu bersalin. Kita mungkin kagum dengan seseorang yang saat ini sukses. Seorang dokter bedah dihargai dengan pendapatan yang tinggi, tetapi ia harus menempuh belasan tahun menempuh pendidikannya. Seorang atlit mendapatkan medali emas, tetapi bertahun-tahun lamanya mendapatkan disiplin latihan, proses yang harus dilalui dengan tekun. Bila Anda saat ini sedang mengalami proses yang Tuhan ijinkan, bertekunlah sampai pada akhirnya.

2. Hasil ketekunan adalah kemenangan.
Kebanggaan seorang ibu adalah bila ia dapat melahirkan anak-anaknya. Semua pergumulan dan penderitaan selama kehamilan dan sakit bersalin menjadi sirna bila ia melihat anaknya telah lahir.
Seringkali yang membuat seseorang gagal apabila tidak tekun menjalani proses. Tuhan memberikan perumpamaan tentang tanah lihat.
Yeremia 18:4 (TB)  Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya.
Proses pergumulan yang kita alami akan semakin lama bila kita tidak tekun. Tetapi ada harapan yang besar, bila kita tekun dan bersabar, maka semua akan indah pada waktunya.

Pengkhotbah 3:11 (TB)  Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

Bila Anda sedang mengalami pergumulan  sebagai proses dalam hidup, bertekunlah, bersabarlah dan berharaplah hanya kepada Tuhan. Percayalah semua akan indah pada waktu Tuhan. Nantikanlah kemenangan iman Anda sehingga sukacita dan kebahagiaan melimpah dalam kehidupan Anda. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages