Akibat Menolak Firman Tuhan




Rabu, 22 Agustus 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 34-36

Yeremia 36:23 (TB)  Setiap kali apabila Yehudi selesai membacakan tiga empat lajur, maka raja mengoyak-ngoyaknya dengan pisau raut, lalu dilemparkan ke dalam api yang di perapian itu, sampai seluruh gulungan itu habis dimakan api yang di perapian itu.

Tuhan berbicara kepada raja Yoyakim melalui nabi Yeremia. Barukh menuliskannya dengan tinta dalam sebuah kitab. Kitab tersebut diberikan kepada raja Yoyakim tetapi ia menolaknya, mengoyak-ngoyaknya dan membakarnya sekalipun sudah diingatkan oleh bawahannya.

Akibat sikap Yoyakim yang menolak firman Tuhan:

1. Tidak ada keturunan yang menjadi raja
Yeremia 36:30 (TB)  Sebab itu beginilah firman TUHAN tentang Yoyakim, raja Yehuda: Ia tidak akan mempunyai keturunan yang akan duduk di atas takhta Daud, dan mayatnya akan tercampak, sehingga kena panas di waktu siang dan kena dingin di waktu malam.

2. Menerima hukuman (kutuk) baik ia, keturunannya maupun hamba-hambanya.
Yeremia 36:31 (TB)  Aku akan menghukum dia, keturunannya dan hamba-hambanya karena kesalahan mereka; Aku akan mendatangkan atas mereka, atas segala penduduk Yerusalem dan atas orang Yehuda segenap malapetaka yang Kuancamkan kepada mereka, yang mereka tidak mau mendengarnya."

Max Jukes adalah seorang atheis yang menolak Tuhan. Ia kerap menyiksa anak atau keluarganya bila mencoba pergi ke gereja. Setelah 200 tahun kematiannya, ada sebuah penelitian tentang keturunannya.
Ia memiliki 1.026 keturunan dan memiliki reputasi sebagai berikut:
- 300 orang pernah di penjara rata-rata 13 tahun.
- 440 orang hidup pesta pora dan mabuk-mabukan.
- 100 orang pecandu alkohol.
- 310 orang hidup sangat miskin dan sebagai gelandangan.
- 55 orang jadi korban kenajisan/pelecehan seksual.
- 130 orang menjadi pelaku tindak kriminal.
- 60 orang sebagai pencuri dan perampok.
- 190 orang sebagai pelacur.
- 7 orang sebagai pembunuh.
- Satupun dari keluarganya tidak ada yang memberikan kontribusi yang baik kepada lingkungannya dan mereka semua membebani negara dengan hutang $1,200,000.

Pelajaran hari ini, memotivasi kita untuk menghargai dan melakukan firman Tuhan karena ternyata sikap kita tidak hanya berdampak bagi diri kita, tetapi bagi keturunan kita, orang lain dan bangsa.
Jangan menolak firman Tuhan, jangan keras hati apabila kita ditegur oleh firman Tuhan, sebab hal itu untuk kebaikan kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages