Tunjukkanlah Jalan-Mu

 



Rabu, 21 Juni 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 86-90


Mazmur 86:11 (TB)  Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu, ya TUHAN, supaya aku hidup menurut kebenaran-Mu; bulatkanlah hatiku untuk takut akan nama-Mu. 


Salah satu misteri dalam kehidupan kita adalah ketidaktahuan akan jalan Tuhan. Kita tidak tahu akan apa yang akan terjadi di waktu yang akan datang. Bisa saja kita mempunyai rencana atau pilihan tetapi belum tentu sesuai dengan kehendak Tuhan.


Yesaya 55:8-9 (TB)  Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. 

Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu. 


Begitu tinggi dan sempurnanya rencana dan jalan Tuhan, maka menyadarkan kita untuk selalu memohon Tuhan menunjukkan jalan-jalan-Nya bagi kita. 


1. Ajarlah aku jalan Tuhan.


Psalms 86:11 (NKJV)  Teach me Your way, O Lord; I will walk in Your truth; Unite my heart to fear Your name.


Sebenarnya yang lebih mendekati arti sebenarnya adalah "ajarlah aku jalan-Mu". Sebab mungkin kita tahu jalan Tuhan tetapi kita tidak melakukan karena ketidaktaatan kita. Sehingga yang tepat adalah meminta Tuhan mengajarkan jalan-Nya sehingga bisa memahami dan berjalan dalam kehendak Tuhan dengan penuh ketaatan.


2. Hidup dalam kebenaran.


Tujuan mengenal jalan Tuhan adalah hidup dalam kebenaran atau sesuai dengan firman Tuhan. Sebagai contoh setiap peralatan selalu dilengkapi dengan buku manual, salah satu isinya adalah cara penggunaan. Bila kita tekun membaca dan mempelajarinya maka kita bisa menggunakan peralatan dengan benar. Sayangnya hanya sedikit yang mau membaca buku manual, sebab merasa sudah tahu atau repot membaca buku manual. Akibatnya terjadi banyak kesalahan yang mengakibatkan alat menjadi tidak efektif atau bahkan menjadi rusak.


Buku manual dalam hidup kita adalah Alkitab atau Firman Tuhan. Jangan merasa repot atau malas ketika harus membaca Alkitab setiap hari. Atau jangan merasa lebih tahu dari Tuhan. Percayalah bila kita membaca dan melakukannya, Tuhan akan menyatakan jalan dan rencana-Nya untuk kebaikan kita.


3. Komitmen setia kepada Tuhan.


Kalimat "bulatkanlah hatiku" menunjukkan komitmen kita untuk hidup takut akan Tuhan. Ada orang Kristen yang hidup tanpa komitmen kepada Tuhan, sehingga hidupnya sembrono dan menyukai segala perbuatan dosa. Hubungan tanpa komitmen menjadi tidak jelas, mudah rusak dan terputus dan tidak ada tanggung jawab. Milikilah komitmen kepada Tuhan sehingga membuat iman kita tetap kuat bahkan di saat kita tidak mengerti jalan Tuhan, kita akan tetap setia dan tidak meninggalkannya.


"Tunjukkanlah jalan-Mu" hendaklah menjadi doa kita setiap hari sebab kita tidak tahu segala yang akan terjadi sepanjang hari, apalagi hari esok. Dengan meminta Tuhan menunjukkan jalan, akan menghindarkan kita dari kesesatan dan kejatuhan dalam hidup. Tetaplah rendah hati hidup dalam tuntunan dan jalan Tuhan. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages