Suka Melakukan Kehendak Tuhan

 



Minggu, 11 Juni 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 36-40


Mazmur 40:9 (TB) Aku suka melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada dalam dadaku." 


Motivasi sangat mempengaruhi perilaku seseorang. Ada yang dimotivasi oleh orang lain (eksternal), ini memberikan semangat pada waktu awal tetapi tidak bisa menjadi konsisten sehingga berubah-ubah. Ada yang dimotivasi oleh ketakutan kepada hukum atau peraturan, ini akan membuat seseorang tertekan atau melakukan dengan terpaksa sehingga tidak mendatangkan sukacita. 


Apakah yang memotivasi kita dalam melakukan kehendak (firman) Tuhan dalam hidup kita? Marilah kita belajar dari kesaksian Daud dalam Mazmur 40:9.


1. Rasa suka melakukan firman Tuhan.


Rasa suka timbul dari dalam hati sehingga melakukan firman Tuhan dengan kerelaan, sukacita bahkan dengan rasa cinta. Ini menyebabkan motivasi dalam melakukan firman Tuhan menjadi kuat. Bahkan dalam terjemahan bahasa Inggris bukan menggunakan kata "like" (suka, mau) tetapi "delight" yang artinya sukacita atau senang. Jadi melakukan firman Tuhan didasari atas sukacita atau senang sehingga mendatangkan berkat rohani yang melimpah.


Mazmur 40:8 (FAYH)  Dan aku senang sekali melakukan kehendak-Mu, ya Allahku, karena hukum-Mu tertulis di dalam hatiku. "


2. Motivasi dari dalam hati.


Motivasi dari luar dianalogikan sebagai mobil mogok yang didorong atau ditarik oleh mobil lain. Ini menjadi beban bagi orang lain dan diri sendiri sehingga tidak ada sukacita dan kemerdekaan rohani. Sebaliknya motivasi dari dalam hati dianalogikan sebagai mobil dengan mesin yang hidup sehingga bisa melaju tanpa bantuan pihak luar. Ini memberikan kemerdekaan dan sukacita yang sejati.


Apakah yang memotivasi dari dalam hati? Ya, firman Tuhan yang ada di dalam hati kita. Dalam terjemahan FAYH ditulis "karena hukum-Mu tertulis di dalam hatiku". Oleh sebab itu sangat penting kita mengisi (menulis) hati kita setiap hari dengan firman Tuhan. Hal ini akan memotivasi kita secara konsisten untuk melakukan kehendak Tuhan atas kesadaran dan kerinduan diri sendiri, bukan paksaan dari orang lain. 


Jadi, marilah kita melihat diri kita masing-masing ... apakah kita memiliki motivasi dari dalam hati untuk melakukan kehendak Tuhan? Isilah hati kita senantiasa dengan firman Tuhan setiap hari. Hati yang mengingat firman Tuhan akan memotivasi kita untuk melakukan kehendak-Nya. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages