Bermazmur Bagi Tuhan

 



Selasa, 13 Juni 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 46-50


Mazmur 47:7 (TB) Bermazmurlah bagi Allah, bermazmurlah, bermazmurlah bagi Raja kita, bermazmurlah! 


Mazmur adalah salah satu kitab dari Perjanjian Lama. Berasal dari kata Ibrani mizmor. Mazmur berarti puji-pujian untuk Allah. Bermazmur artinya memuji dan memuliakan Tuhan dengan menyanyikan puji-pujian dari Kitab Mazmur dengan diiringi alat musik. 


Menurut pemahaman mayoritas dewasa ini, bermazmur mendapat arti "madah" atau "puji-pujian". Jadi makna mazmur telah berkembang bukan hanya bersumber dari Kitab Mazmur tetapi segala nyanyian pujian atau nyanyian rohani. Lagu-lagu rohani yang kita nyanyikan saat ini, liriknya banyak terinspirasi dari Kitab Mazmur. 


Pujian yang sejati kita berikan kepada Tuhan. Kita bisa memuji Tuhan dengan kata-kata verbal (langsung) tetapi juga dengan mazmur (nyanyian pujian).

Bermazmur merupakan perintah bagi setiap orang percaya. Sebab itu dalam banyak ayat tentang hal ini selalu menggunakan akhiran "lah" yaitu bermazmurlah. 


Banyak orang berkata saya tidak bisa memainkan alat musik, suara saya jelek, apakah bisa bermazmur? Bermazmur tidak tergantung apakah suara kita bagus tetapi berasal dari niat hati untuk memuji Tuhan. Demikian pula saat ini kita telah sangat terbantu dengan Youtube atau plafon aplikasi yang lain. Bisa juga melalui lagu-lagu rohani yang sudah didownload. Kita bisa mencari lagu rohani, maka dengan mudah akan menemukan puluhan ribu bahkan ratusan ribu lagu rohani. Kita tinggal memutarnya dan ikut menyanyikan, maka kita bisa bermazmur bagi Tuhan.


Dalam Mazmur 47:7, perintah bermazmur disebutkan empat kali. Ini merupakan perintah yang sangat penting untuk dilakukan oleh orang percaya sebagai gaya hidup. Berhubung bermazmurlah adalah perintah Tuhan, maka jangan lewatkan satu hari pun tanpa memuji Tuhan. Alami damai sejahtera, sukacita, ketenangan dan segala kemurahan Tuhan melalui mazmur yang kita nyanyikan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages