Tunjukkanlah Jalan-Mu

 


Kamis, 8 Juni 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 21-25


Mazmur 25:4 (TB)  Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku. 


Hari esok adalah misteri, kita tidak tahu dengan pasti segala sesuatu yang akan terjadi pada esok hari. Pengetahuan kita sangat terbatas, bahkan ketika berada dalam persimpangan jalan mengambil keputusan seringkali kita tidak tahu jalan mana yang akan kita tempuh. Itulah keterbatasan kita sebagai manusia. Sebab itu marilah kita senantiasa mendekat kepada Tuhan dan selalu bertanya kepada Tuhan "jalan mana yang harus kita tempuh". Ini adalah wujud kerendahan hati kita di hadapan Tuhan.


Sikap Daud dalam mengenal jalan Tuhan tertulis dalam Mazmur 25:5.


Mazmur 25:5 (TB)  Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan aku, Engkau kunanti-nantikan sepanjang hari. 


1. Berjalan dalam kebenaran.

Dalam hal ini adalah melakukan kebenaran firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Kita percaya bahwa firman Tuhan adalah jalan, kebenaran dan kehidupan. (Yohanes 14:6)


2. Sikap yang mau diajar.

Sikap ini akan membawa kita mengenal dan mengerti jalan-jalan Tuhan. Ketika kita mengandalkan Tuhan dan tidak mengandalkan kekuatan sendiri, kita akan mendapatkan hikmat untuk memahami jalan-jalan Tuhan yang tersembunyi.


3. Menanti-nantikan Tuhan setiap hari.

Dalam hal ini bersekutu dengan Tuhan, menantikan nasihat dan petunjuk dari Tuhan. Sepanjang hari artinya setiap saat kita selalu berfokus kepada Tuhan. Firman Tuhan mengingatkan kita agar berdoa dan berjaga-jaga setiap waktu.

Efesus 6:18 (TB)  dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus.


Yesaya 40:31 (TB)  tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. 


Sekalipun hari esok adalah misteri, tetapi kita memiliki keyakinan bahwa di dalam Tuhan kita memiliki kepastian yaitu berjalan dalam kebenaran dan hidup dalam rencana-Nya yang sempurna bagi kita. Sebab itu marilah senantiasa bersekutu dengan Tuhan untuk mengenal Dia dan hidup dalam jalan-jalan-Nya. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages