Permulaan Hikmat

 



Senin, 26 Juni 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 111-115


Mazmur 111:10 (TB)  Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya. 


Banyak orang mengandalkan logika dan kemampuan berpikir untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ataupun menempuh studi. Tidak jarang mereka melupakan Tuhan karena menganggap tidak ada kehidupan rohani bahkan tidak percaya kalau Tuhan itu ada. Hal ini banyak terjadi dalam kehidupan para ilmuwan terkenal, karena kejeniusan dan kesombongan mereka akhirnya menjadi ateis.


Marilah kita mencoba merenungkan berapa besar volume otak kita sehingga kita merasa lebih hebat dari Tuhan?

Daud sejak belia selalu bergaul dengan Tuhan. Ia menyadari tanpa Tuhan dirinya tidak berarti apa-apa. Ia dapat bermain musik, menciptakan lagu, mengalahkan musuh dan menjadi raja semua karena anugerah Tuhan. Sebab itu Daud mengingatkan bahwa orang yang ingin menjadi bijaksana dan berhasil hidupnya haruslah dimulai dengan takut akan Tuhan (menghormati Tuhan) karena Tuhan adalah sumber hikmat dan pengetahuan.


Mazmur 111:10 (BIMK)  Barangsiapa ingin menjadi bijaksana harus menghormati TUHAN, Ia memberi pengertian kepada semua orang yang taat. Terpujilah TUHAN sepanjang masa!


Ada seorang muda merasa dirinya bodoh dan selalu tertinggal dalam studinya. Ia telah menempuh berbagai cara supaya menjadi pandai, tetapi semua tidak membuahkan hasil. Seorang hamba Tuhan memberi nasehat agar tiap hari ia membaca Alkitab. Dengan penuh ketaatan ia mulai melakukan membaca Alkitab setiap hari. Tanpa disadari prestasinya mulai membaik, menjadi pintar dan berhasil dalam hidupnya.


Ulangan 6:6-9 (TB)  Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan,  

haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, 

dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu. 


Ingatlah kepada bangsa Yahudi, anak-anak mereka sejak masih belia sudah diajarkan Kitab Taurat dan hidup takut akan Tuhan. Maka tidak mengherankan para ilmuwan terkenal, para penemu di bidang saintek, para ekonom dan orang-orang sukses di dunia berasal dari bangsa Yahudi. Fenomena ini menunjukkan kebenaran bahwa "permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan".


Jadi apakah kita masih berasa bodoh dan tidak mampu? Solusinya adalah menghormati Tuhan, membaca dan merenungkan firman Tuhan. Maka hikmat dan kebijaksanaan akan diberikan kepada setiap orang yang taat kepada-Nya. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages