Renungan Malam

 



Rabu, 7 Juni 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 16-20


Mazmur 16:7 (TB)  Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku. 


Kehidupan rohani yang sehat ditandai dengan persekutuan yang teratur bersama Tuhan. Ada dua sessi dalam persekutuan dengan Tuhan yaitu saat teduh pagi (renungan pagi) dan saat teduh malam (renungan malam). Saat teduh pagi kita menyembah, berdoa dan menerima inspirasi firman Tuhan. Sedangkan saat teduh malam kita mengucap syukur untuk penyertaan Tuhan sepanjang hari serta refleksi dan evaluasi sepanjang hari. Sekiranya ada dosa dan kesalahan yang kita perbuat, kita memohon pengampunan Tuhan sehingga kita bisa tidur dengan tenang.


Pesan yang disebut dalam Mazmur 16:7 adalah, "Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku." Ini menunjuk kepada refleksi dan evaluasi atas segala sesuatu yang telah terjadi sepanjang hari.  Bila kita melakukan renungan malam dengan benar maka kita akan mendapatkan nasihat dan pengajaran yang benar. Ada pengalaman dan pelajaran yang berharga, itulah yang perlu kita renungkan. Bila ada kesalahan, maka kita tidak akan mengulangi lagi di hari mendatang. Demikian pula kita bisa belajar untuk menjadi semakin lebih baik lagi.


Mazmur 17:3 (TB)  Bila Engkau menguji hatiku, memeriksanya pada waktu malam, dan menyelidiki aku, maka Engkau tidak akan menemui sesuatu kejahatan; mulutku tidak terlanjur. 


Sepanjang hari yang telah kita jalani adalah satu hari yang telah kita selesaikan. Sebab itu ada pesan agar kita menghitung hari-hari agar beroleh hati yang bijaksana.


Mazmur 90:12 (TB)  Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana. 


Bila Anda telah melakukan saat teduh pagi, maka berusahalah melakukan renungan malam sebelum beristirahat. Bersyukur atas berkat dan penyertaan Tuhan sepanjang hari serta melakukan refleksi dan evaluasi agar kita mendapatkan nasihat sehingga semakin bijaksana. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages