Melakukan Kehendak Tuhan

 



Selasa, 20 Juni 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 81-85


Mazmur 85:9 (TB)  Aku mau mendengar apa yang hendak difirmankan Allah, TUHAN. Bukankah Ia hendak berbicara tentang damai kepada umat-Nya dan kepada orang-orang yang dikasihi-Nya, supaya jangan mereka kembali kepada kebodohan? 


Kata mendengar yang dipakai dalam Alkitab bukan hanya berarti mendengar dalam arti suara yang bisa ditangkap telinga. Mendengar memiliki arti yang lebih dalam yaitu melakukan. Maka mendengar firman Allah berarti melakukan kehendak Tuhan dalam hidup kita.


Marilah kita belajar beberapa pengertian dari Mazmur 85:9.


1. Dibutuhkan kemauan dari dalam hati.


Ayat tersebut diawali dengan kalimat "Aku mau mendengar".

Dalam mendengar atau melakukan firman Tuhan dibutuhkan kemauan atau niat. Ini merupakan dorongan dari dalam hati yang sifatnya jauh lebih kuat daripada dorongan dari luar. Seseorang yang mempunyai kemauan diri yang kuat tidak akan mudah menyerah dalam melakukan firman Tuhan meskipun menghadapi banyak tantangan.


2. Tuhan menghendaki umat-Nya hidup dalam damai.


Damai dalam hidup berarti ada keharmonisan dan ketenteraman. Iblis selalu berusaha merusak segala yang Tuhan kerjakan. Kehendak Tuhan adalah kesatuan tetapi iblis selalu menabur benih-benih perpecahan. Kehendak Tuhan adalah pemulihan tetapi iblis selalu berusaha merusakkan hubungan. Berilah pengampuan dan hiduplah dalam pengucapan syukur supaya damai sejahtera dari Tuhan senantiasa melimpah dalam kehidupan kita.


Roma 12:17-18 (TB)  Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang! 

Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! 


3. Tuhan menghendaki umatnya hidup dalam ketaatan.


Dalam Mazmur 85:9 juga tertulis kehendak Tuhan bagi umatnya agar "jangan mereka kembali kepada kebodohan". Kebodohan yang dimaksud adalah hidup dalam dosa yaitu ketidaktaatan kepada kehendak Tuhan. Sebaliknya orang yang bijaksana adalah mereka yang taat dan melakukan firman Tuhan.


1 Petrus 1:14-16 (TB)  Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, 

tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,

sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.  


Akhirnya saudara-saudara, marilah kita selalu memiliki kemauan untuk melakukan kehendak Tuhan. Sebab kehendak Tuhan agar kita hidup dalam damai dan ketaatan pada firman Tuhan. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages