Masuk Dalam "Radar" Tuhan

 



Selasa, 6 Juni 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 11-15


Mazmur 14:2 (TB)  TUHAN memandang ke bawah dari sorga kepada anak-anak manusia untuk melihat, apakah ada yang berakal budi dan yang mencari Allah. 


Dalam sistem navigasi penerbangan, pelayaran dan pertahanan ada alat yang sangat penting fungsinya yaitu radar. Alat ini bisa mendeteksi benda-benda dalam radius tertentu baik dalam perjalanan udara, laut maupun pertahanan. Hal ini sangat diperlukan untuk mengantisipasi berbagai bahaya dalam perjalanan maupun ancaman bahaya dari musuh.


Salah satu sifat absolut Tuhan adalah Maha Tahu. Ia mengetahui segala sesuatu dalam segala waktu dan segala tempat. Menariknya dalam Mazmur 14:2 disebutkan secara khusus "Tuhan memandang ke bawah dari sorga (untuk melihat) kepada anak-anak manusia." Kata memandang mewakili secara makro atau garis besar tetapi melihat secara mikro (detail). Ayat tersebut bagaikan "radar" Tuhan yang sedang bekerja untuk mengamati dan mencari manusia. Siapakah yang Tuhan cari?


Mazmur 14:2 (FAYH)  TUHAN memandang dari surga kepada segenap umat manusia untuk melihat apakah ada yang bijaksana, yang ingin menyenangkan hati Allah.


1. Orang yang berakal budi.


Dalam terjemahan Firman Allah Yang Hidup (FAYH) tersebut orang yang berakal budi adalah orang yang bijaksana atau orang yang berhikmat. Sedangkan orang yang berhikmat adalah orang yang takut akan Tuhan. Ini semua terjadi apabila mendengarkan firman Tuhan dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.


Mazmur 111:10 (FAYH)  Bagaimana orang dapat menjadi bijaksana? Satu-satunya cara ialah dengan menghormati Allah. Karena perkembangan dalam kebijaksanaan diperoleh dengan menaati hukum-hukum-Nya. Pujilah Dia untuk selama-lamanya.


2. Orang yang mencari Allah.


Dalam terjemahan FAYH, orang yang mencari Allah disamakan dengan orang yang ingin menyenangkan hati Allah. Dalam BIMK atau bahasa Indonesia sehari-hari diartikan dengan orang yang menyembah Tuhan.


Mazmur 14:2 (BIMK)  Dari surga TUHAN memandang umat manusia untuk mencari orang bijak yang menyembah Dia.


Jadi orang yang mencari Allah ditandai dengan sikap hidupnya yang selalu ingin menyenangkan dan menyembah Tuhan.

Kapan terakhir kita menyembah Tuhan? Menyembah adalah bagian persekutuan yang intim dengan Tuhan. Marilah kita setiap hari membangun sikap hidup yang menyembah Tuhan dalam roh dan kebenaran.


Jika "radar" Tuhan sedang mencari orang yang berakal budi dan mencari Allah ... apakah Dia akan menemukan Anda? 


2 Tawarikh 16:9a (TB)  Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia.


Pastikanlah masuk dalam "radar" Tuhan agar Anda menerima segala berkat dan kasih karunia-Nya. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages