Tuhan Maha Tahu & Maha Hadir

 



Sabtu, 1 Juli 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 136-140


Mazmur 139:7 (TB)  Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?


Dalam doanya kepada Tuhan, Daud menyadari bahwa ia tidak dapat pergi menjauhi Tuhan dan tidak dapat lari dari hadapan-Nya. Daud mengenal sifat-sifat Tuhan sehingga ia berdoa seperti ditulis dalam Mazmur 139 dengan judul "Doa di hadapan Allah yang maha tahu". 

Sifat-sifat Tuhan tersebut antara lain:


1. Tuhan Maha Tahu.


Mahatahu didefinisikan sebagai kondisi memiliki pengetahuan penuh, sifat mengetahui segala hal, baik yang kelihatan maupun tidak kelihatan, baik masa lalu, masa kini maupun masa depan (yang belum terjadi).


Tuhan mengetahui segala perasaan, isi hati, pikiran bahkan segala sesuatu yang tersembunyi di dalam diri kita. Sebab itu Daud menyatakan bahwa ia tidak dapat lari dari hadapan Tuhan.


2. Tuhan Maha Hadir.


Mahahadir adalah cara Tuhan untuk hadir di setiap waktu dan tempat. Tuhan hadir di setiap waktu dan tempat, Tuhan tidak terbatas oleh ruang atau waktu. Tuhan ada saat ini dan di mana saja. 


Oleh sebab itu Daud menyadari ke mana pun ia pergi, sekalipun di tempat tersebunyi dan tak dapat diketahui manusia, Tuhan mengetahui keberadaannya.


Mengenal sifat Tuhan yang maha tahu dan maha hadir akan membangkitkan kesadaran untuk hidup takut akan Tuhan dan taat melakukan firman-Nya. Apakah ada di antara kita yang mencoba lari dari panggilan Tuhan? Sekalipun kita bersembunyi atau lari sampai ke ujung dunia, Tuhan mengetahui keberadaan kita, bahkan mengenal isi hati kita. Tuhan memanggil kita untuk kembali dalam persekutuan dengan-Nya. Janganlah mengeraskan hati tetapi terimalah kasih karunia-Nya bagi kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages