Menjaga Kelakuan Bersih

 



Selasa, 27 Juni 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 116-120


Mazmur 119:9 (TB)  Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. 


Dunia di mana kita hidup banyak pencemaran, bukan hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani. Tanpa sadar seseorang bisa terpengaruh dengan lingkungan pergaulan atau media sosial sehingga menjadi berdosa. Terlebih di kalangan anak muda, banyak trend yang silih berganti mendapatkan banyak pengikut. Bukan saja trend yang positif tetapi juga negatif yang merusak moral dan iman.


Daud menyadari bahwa masa muda adalah masa yang labil, mudah berubah dan mudah dipengaruhi oleh lingkungan. Sebab itu Daud melemparkan pertanyaan sekaligus memberikan jawabannya dalam Mazmur 119:9.


Mazmur 119:9 (FAYH)  Bagaimanakah seorang anak muda dapat menjaga agar hidupnya tetap bersih? Dengan membaca firman-Mu dan mengikuti petunjuk-petunjuknya.


Manfaat firman Tuhan sangat banyak, di sini kita akan menampilkan beberapa saja.


2 Timotius 3:16 (TB)  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.


1. Mengajar hidup kita


Kehidupan yang kita jalani adalah proses untuk belajar menjadi lebih baik dan seturut dengan rencana Tuhan. Dengan belajar firman Tuhan kita menjadi dewasa rohani dan bertambah bijaksana. Banyak hal yang sebelumnya kita tidak tahu, tetapi setelah belajar firman Tuhan kita menjadi tahu dan dibukakan tentang rahasia kehidupan.


Mazmur 119:130 (TB)  Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh. 


Mazmur 119:105 (TB)  Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. 


2. Menyatakan kesalahan.


Firman Tuhan menyadarkan kita tentang dosa. Ketika kita membaca, merenungkan atau mendengarkan firman Tuhan, kita merasa ditegur atau diingatkan. Ini berarti firman Tuhan sedang bekerja untuk menguduskan hidup kita.


Yohanes 17:17 (TB)  Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.


3. Memperbaiki kelakuan.


Banyak orang yang hidup dalam kegelapan (dosa) tidak tahu jalan untuk kembali. Firman Tuhan akan menerangi jalan hidup kita dan memulihkan kelakuan kita menjadi berkenan kepada Tuhan.


Mazmur 107:17-20 (TB)  Ada orang-orang menjadi sakit oleh sebab kelakuan mereka yang berdosa, dan disiksa oleh sebab kesalahan-kesalahan mereka; 

mereka muak terhadap segala makanan dan mereka sudah sampai pada pintu gerbang maut. 

Maka berseru-serulah mereka kepada TUHAN dalam kesesakan mereka, dan diselamatkan-Nya mereka dari kecemasan mereka, 

disampaikan-Nya firman-Nya dan disembuhkan-Nya mereka, diluputkan-Nya mereka dari liang kubur. 


4. Mendidik orang dalam kebenaran.


Standar baik dan benar yang dianut oleh dunia belum tentu sesuai dengan standar kebenaran Tuhan. Oleh sebab itu kita harus terus belajar firman Tuhan sebagai kebenaran yang mutlak yang kita yakini dalam menjalani kehidupan di dunia.


Mazmur 119:160 (TB)  Dasar firman-Mu adalah kebenaran dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya. 


Marilah kita semakin tekun untuk membaca, merenungkan dan melakukan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Kita akan menerima banyak manfaat firman Tuhan bukan hanya ketika hidup di dunia tetapi juga dalam kehidupan kekal. Segala sesuatu di dunia akan berlalu, tetapi firman Tuhan akan tinggal tetap selama-lamanya. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages