Selalu Memuji Tuhan

 



Sabtu, 10 Juni 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 31-35


Mazmur 34:1 (TB) Aku hendak memuji TUHAN pada segala waktu; puji-pujian kepada-Nya tetap di dalam mulutku. 


Memuji Tuhan adalah gaya hidup artinya selalu menjadi bagian dari keseharian kita. Ketika Daud dalam pelarian karena diburu oleh musuh-musuhnya, ia selalu memuji Tuhan. Ayat tersebut menggambarkan betapa Daud tetap memuji Tuhan sekalipun dalam keadaan yang tidak baik.


Banyak orang kagum terhadap iman Kristen, karena melihat orang Kristen tetap memuji Tuhan sekalipun dalam keadaan berduka. Di rumah duka, orang Kristen memuji Tuhan sekalipun sedang bersedih ditinggalkan oleh keluarga, sahabat dan teman yang dikasihi. 


Memuji Tuhan bisa dilakukan dengan berbagai cara supaya bisa terjadi pada segala waktu. Tujuannya agar selalu mengingat Tuhan pada segala situasi dan kondisi.


1. Memuji Tuhan di dalam hati.

Ini dilakukan ketika tidak memungkinkan memuji Tuhan dengan bersuara. Perkataan dalam hati atau batin akan selalu menghubungkan kita dengan Tuhan.


2. Memuji Tuhan dengan perkataan.

Bila kondisi memungkinkan kita bisa berkata-kata yang isinya pujian kepada Tuhan. Ini sangat menguatkan iman terutama dalam menjalani masalah dan pergumulan hidup. Kita bisa berkata, "Tuhan Engkau baik", "Tuhan Engkau Pelindungku", "Tuhan Engkau Penolongku", "Tuhan Engkau Penyembuhku", "Tuhan Engkau sanggup mengadakan mujizat bagiku", ... dan sebagainya.


3. Memuji Tuhan dengan nyanyian.

Bila kondisi lebih memungkinkan lagi kita bisa memuji Tuhan dengan nyanyian. Ini akan lebih melibatkan aspek roh, jiwa dan tubuh kita. Terjadi penyembahan dalam roh. Nada dan musik akan membawa suasana iman seperti nyanyian yang kita naikkan. Demikian pula tubuh kita diselaraskan dengan pujian yang kita nyanyikan. Ketika di rumah, ketika dalam persekutuan, dalam kesendirian bahkan dalam perjalanan kita bisa memuji Tuhan dengan nyanyian pujian.


Pesan renungan hari ini hendaklah kita selalu memuji Tuhan pada segala waktu. Pada waktu senang atau sedih, pada waktu sehat atau sakit, pada waktu kelimpahan atau kekurangan, pada waktu semua baik-baik atau dalam masalah ... marilah selalu memuji Tuhan. Tuhan bersemayam di atas puji-pujian umat-Nya. Damai sejahtera, sukacita dan kemenangan kiranya selalu memenuhi orang-orang yang selalu memuji Tuhan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages