Tuhan Memberi Kelegaan



Sabtu, 13 Oktober 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Matius 10-12

Matius 11:28 (TB)  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Ada seorang anak menerima sebuah es krim stik/lolly dengan bungkus plastik warna-warni yang menarik. Karena ia sangat sayang kepada bungkusnya, ia tidak pernah membuka atau menikmati es krimnya. Bertahun-tahun es krim tersebut ditaruh di dalam freezer. Plastiknya menjadi lapuk dan es krimnya kedaluwarsa. Dua-duanya tidak dapat dinikmati baik bungkus maupun es krimnya.

Orang Israel menjadi sangat lelah mengikuti peraturan dalam Taurat yang diterjemahkan dengan peraturan-peraturan yang begitu rumit dalam pelaksanaannya. Itulah sebabnya Yesus menawarkan hukum rohani yang sederhana. Yang penting bukanlah bungkusnya tetapi isinya. Hukum-hukum dan peraturan ibadah dalam Perjanjian Lama adalah bungkusnya tetapi sesungguhnya isinya adalah Tuhan Yesus sendiri.

Matius 5:17 (TB)  "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

Yesus telah menggenapi hukum Taurat yang artinya Ia adalah yang terutama dan terpenting dalam pengabdian kita. Dia adalah sumber kehidupan dan pusat ibadah kita.

Jadi dalam konteks aslinya ayat tersebut bukan berbicara tentang masalah atau beban hidup sehari-hari, tetapi masalah atau beban yang timbul oleh hukum-hukum agama yang dibuat oleh ahli Taurat dan Majelis Agama Yahudi.

Tuhan tidak ingin kita lelah dengan berbagai peraturan agama atau gereja yang rumit yang dibuat manusia. Ia mau kita lebih fokus menyenangkan Tuhan. Era ini adalah era kesederhanaan. Hand Phone masa kini sangat simple tanpa banyak tombol di luar. Jika bisa disederhanakan mengapa harus dipersulit. Fokus pada Tuhan Yesus adalah iman yang benar dan sederhana yang berkenan di hadapan Tuhan. Haleluya! (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages