Diberkati Menjadi Besar




Rabu, 10 Oktober 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Matius 1-3

Matius 2:6 (TB)  Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

Betlehem berasal dari kata "beith" yang artinya rumah dan "lekhem" yang artinya roti. Sehingga Betlehem berarti rumah roti atau makanan. Secara rohani berarti adalah makanan rohani yaitu firman Tuhan. Sedangkan Yehuda berasal dari kata "odeh" yang berarti aku akan menaikkan pujian.
Betlehem adalah sebuah kota kecil, tetapi  pemimpin-pemimpin besar lahir di kota ini. Raja Daud lahir di Betlehem dan Yesus Kristus, Raja di atas segala raja juga lahir di Betlehem.
Jadi apa maksud dari kebenaran tersebut?

1. Memberi pengharapan bagi orang biasa.
Ada banyak orang yang gagal karena minder, merasa dirinya kecil dan tidak mampu. Tetapi hari ini ada pengharapan, betapa pun kehidupan kita kecil, biasa, sederhana, ... Tuhan bisa ubahkan menjadi besar dan luar biasa. Kita bisa diberkati Tuhan menjadi besar. Ini bisa berlaku dalam kehidupan keluarga, bisnis, studi maupun pelayanan.
Yeremia 29:11 (TB)  Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

2. Kerendahan hati menerima kemuliaan. Betlehem bukan berarti hanya keadaan kecil, biasa atau sederhana, tetapi juga dimaksudkan untuk sikap kerendahan hati. Orang-orang yang rendah hati akan ditinggikan Tuhan. Rendah hati berarti mengosongkan ambisi pribadi dan memenuhinya dengan kehendak dan rencana Tuhan.
1 Petrus 5:6 (TB)  Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.

3. Kehidupan yang berakar dalam firman Tuhan dan penyembahan.
Ada begitu banyak janji firman Tuhan akan digenapi bila kita hidup berakar kepada firman Tuhan dan menyembah Tuhan.
Mazmur 1:2-3 (TB)  tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.
Mazmur 37:4 (TB)  dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.

Tak peduli apa dan bagaimana masa lalu atau keadaan kita, ada kabar baik hari ini. Kita akan diberkati untuk menjadi besar. Ada tiga hal yang membuat hal ini terjadi yaitu miliki pengharapan di dalam Tuhan, miliki kerendahan hati serta berakar dalam firman Tuhan dan menyembah Tuhan. Haleluya! (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages