Menjadi Terang Dunia



Kamis, 11 Oktober 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Matius 4-6

Matius 5:16 (TB)  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Beberapa tahun terakhir saya menyaksikan fenomena banyaknya orang Kristen yang menjadi penipu. Mereka menjual iman mereka dan menipu saudara seiman. Dengan berpura-pura sedang buruk keadaannya, meminta belas kasihan, meminta bantuan atau meminjam uang. Setelah mendapatkan apa yang mereka cari kemudian mereka segera pergi tanpa bisa dihubungi. Beberapa lalu di media sosial juga dihebohkan ada dua orang yang mendoakan pasien nasrani di rumah sakit. Sementara yang seorang sedang berdoa, yang lain berjalan membuka dompet pasien. Untungnya ada keluarga yang mengetahui aksi tersebut. Hal-hal tersebut mencoreng Kekristenan dan tidak memuliakan nama Tuhan.

Pesan Matius 5:16 adalah ...
1. Hidup menjadi terang
Di saat dunia semakin gelap dan tidak tahu membedakan yang baik dan yang jahat, seharusnya anak-anak Tuhan tampil membawa terang. Nilai-nilai kebenaran yang Tuhan Yesus ajarkan seharusnya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan takut untuk tampil beda, bila kita memiliki nilai atau standar yang lebih baik dari dunia.

2. Melakukan perbuatan yang baik
Lakukan perbuatan yang baik dengan motivasi yang tulus. Biarlah dunia melihat anak-anak Tuhan melakukan dengan kasih. Ini bagaikan menabur kebaikan, suatu saat akan menuai kebaikan. Tuaian yang dimaksud bukan hanya untuk pribadi tetapi membuat nama Tuhan dimuliakan sehingga membuka jalan untuk orang-orang diselamatkan.

Efesus 5:8 (TB)  Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,

Janganlah hidup dalam kegelapan, tetapi jadilah anak-anak terang supaya dunia melihat kemuliaan Tuhan melalui kehidupan kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages