Perjumpaan Dengan Yesus Mengubah Tujuan Hidup



Kamis, 24 Oktober 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Lukas 4-6

Lukas 5:5 (TB)  Simon menjawab: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga."

Semalam-malaman yang gagal.

Wajah-wajah yang lusuh dan kecewa terpancar dari beberapa nelayan. Semalam-malaman tak tertidur, meninggalkan keluarga, menghabiskan bekal, namun tak seekor ikanpun yang mereka tangkap. Mereka bukanlah nelayan yang baru belajar tetapi mereka nelayan yang profesional. Mahir dalam mendeteksi kumpulan ikan dan cara-cara menjalanya. Mereka pun telah bekerja keras semalam-malaman, tetapi hasilnya nihil. Mereka menghalau perahunya ke darat dan mulai mengemasi jala mereka.

Sekejab yang berhasil.

Yesus datang menemui mereka, menumpang perahu mereka dan menyuruh mereka ke tempat yang dalam jauh dari pantai. Yesus mengajar mereka dan mereka memanggil dengan sebutan guru. Dimulai dari firman Tuhan sebagai makanan rohani bagi mereka. Yesus memahami kegagalan mereka, dan menyuruh mereka menebarkan jala sekali lagi. Petrus, seorang dari mereka meresponi, " .... tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." Mereka takjub dalam sekali tebar jala mereka penuh ikan bahkan mulai koyak, perahu mereka penuh dengan ikan. Panggilan mereka kepada Yesus telah berubah dari guru menjadi Tuhan.

Perjumpaan yang mengubah hidup.

Bila tidak berjumpa dengan Yesus mereka hanyalah nelayan biasa yang tidak berdampak. Bahkan dalam keadaan gagal mereka bisa tawar hati dan pesimis dengan profesi mereka. Tetapi perjumpaan dengan Yesus telah mengubah tujuan hidup mereka. Dari nelayan yang hanya menjala ikan untuk memenuhi nafkah keluarga, menjadi penjala manusia, yang memberitakan Injil untuk Kerajaan Allah.

Seringkali dalam keadaan gagal, lemah, sakit, Tuhan mengubah jalan hidup seseorang dari hidup untuk diri sendiri menjadi hidup untuk Tuhan. Perhatikan keadaan kita, apakah yang sedang terjadi saat ini? Jika Anda sedang gagal, datanglah kepada Tuhan dan nantikanlah pertolongan-Nya. Jika Anda belum mengetahui tujuan hidup Anda, taatilah Tuhan dan temukan rencana-Nya dalam hidup Anda. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages