Doa Kesepakatan



Senin, 15 Oktober 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Matius 16-18

Matius 18:19 (TB)  Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.

Kata kunci dalam ayat tersebut adalah "sepakat". Dalam terjemahan NKJV memakai kata "agree" yang berarti setuju. Sedangkan FAYH menterjemahkan "bersehati meminta sesuatu".
Kata “sepakat” diambil dari bahasa Yunani “sumphoneo” yang artinya harmonis, bersamaan, kompak atau setuju. Dari "sumphoneo" kita mendapati kata simfoni yaitu kelompok paduan suara yang diiringi oleh orkestra yang indah. Dari empat jenis suara dan nada serta berbagai jenis alat musik yang dimainkan dalam keharmonisan. Meskipun berbeda-beda karakter suaranya, tetapi dengan mengikuti partitur dan pimpinan "conductor" maka menghasilkan sebuah simfoni yang sangat indah.

Dari pengertian tersebut doa yang sepakat:
A. Tidak selalu menggunakan kata yang sama, tetapi pengertian dan tujuannya sama.
B. Tidak selalu didoakan dalam waktu yang sama, tetapi bisa bergantian dan dengan pokok doa yang sama.
C. Tidak selalu didoakan di tempat yang sama, walaupun berlainan tempat tetap terhubung secara rohani.

Di manakah kita bisa menerapkan doa kesepakatan:
1. Dalam keluarga, bangunlah mezbah doa keluarga Anda dan mulailah sepakat dengan doa-doa yang dinaikkan.
2. Dalam komunitas kelompok kecil (care group), saling mendoakan dan mendukung doa-doa yang dinaikkan.
3. Dalam kelompok doa atau persekutuan doa.
4. Dalam gereja lokal, meskipun dari banyak jemaat yang berbeda latar belakang tetapi visi misi gereja serta kebutuhan bersama bisa membangun sebuah kesatuan doa.

Dalam membangun kesepakatan doa, usahakanlah sepakat dengan isi doanya, jangan terlalu panjang supaya tetap fokus serta singkirkan setiap pikiran atau keramaian yang dapat mengganti fokus doa.

Ada kuasa yang dahsyat dalam doa kesepakatan yaitu Tuhan mengabulkan. Dalam PL kita mengenal sinergi kekuatan. Demikian pula dengan doa-doa yang kita naikkan.
Ulangan 32:30 (TB)  Bagaimana mungkin satu orang dapat mengejar seribu orang, dan dua orang dapat membuat lari sepuluh ribu orang, kalau tidak gunung batu mereka telah menjual mereka, dan TUHAN telah menyerahkan mereka!
Pengkhotbah 4:12 (TB)  Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.

Jadi bangunlah doa kesepakatan Anda dan nantikanlah mujizat Tuhan mengabulkan doa Anda. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages